Selasa , 24 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Peneliti UI Temukan Jamu Berkhasiat untuk Hewan

Peneliti UI Temukan Jamu Berkhasiat untuk Hewan

DEPOK- Jamu yang kenal selama ini umumnya dikonsumsi manusia dan berkhasiat untuk meningkatkan stamina dan menyembuhkan penyakit. Lalu apa jadinya bila hewan yang dikasih jamu? Seorang peneliti dari Universitas Indonesia, Prof. drh. Wiku Adisasmita, M.Sc., Ph.D. berhasil menemukan jamu yang dikhususkan untuk hewan. Produk yang diebri nama “Superjamu Hewan” ini berkhasiat meningkatkan pakan ternak.

Alasan Wiku meneliti jamu untuk hewan karena jamu mengandung bahan ramuan asli Indonesia dan mudah diracik. Selain itu, jamu juga aman dikonsumsi karena tidak memiliki efek samping sehingga menjadi alternatif untuk mengurangi ketergantungan penggunaan antibiotik.

Wiku menjelaskan, Superjamu Hewan ini meningkatkan kualitas pakan ternak yang secara tidak langsung berdampak pula pada kesehatan manusia. “Kalau kesehatan hewannya berkualitas, kesehatan manusianya juga bisa baik,” ujarnya, seperti dilansir laman UI.

Wiku bekerja sama dengan peternak di sejumlah daerah di Indonesia. Superjamu Hewan itu diteteskan pada pakan ternak sesuai takaran produk, diberikan pada beragam hewan seperti ikan, unggas, kuda, babi, burung, dan sapi.

Menurut laporan dari para peternak hewan, Superjamu Hewan ini terbukti khasiatnya. “Berdasarkan pengakuan peternak (ayam), kotorannya tidak berbau dan ayamnya tidak terserang flu burung,” terang Wiku.

Saat ini produksi Superjamu Hewan ini masih skala rumahan, salah satunya di Pangalengan, Jawa Barat. Mengenai komposisi bahan nya, produk ini mengandung herbal seperti kunyit, lengkuas, jahe, sirih, dan kencur beserta probiotik untuk hewan.

Selain dapat menambah nafsu makan dan menjaga kekebalan tubuh, Superjamu Hewan telah terbukti meningkatkan proses pertumbuhan, produktivitas, dan sistem kekebalan tubuh serta menekan angka kematian berbagai jenis hewan. Bahkan termasuk hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Khusus pada babi, Superjamu Hewan terbukti menurunkan kadar lemak.

Check Also

oxford-university

Kampus Luar Negeri yang Diakui Dikti

Edupost.id – Menempuh pendidikan di luar negeri menjadi salah satu pilihan yang diambil sebagian orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *