Senin , 29 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Peneliti UI Temukan Sabun Cair Propolis Pertama di Dunia

Peneliti UI Temukan Sabun Cair Propolis Pertama di Dunia

JAKARTA – Muhammad Sahlan, peneliti dari Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik UI mengembangkan dan memproduksi produk propolis berkualitas tinggi asli Indonesia yaitu Hygeia Body Wash yang merupakan sabun mandi cair pertama di dunia. Propolis hasil penelitian Sahlan diambil dari lebah-lebah trigona di peternakan lebah hutan Sulawesi.

Propolis yang dikembangkan oleh Sahlan mempunyai keunggulan jumlah kandungan air yang lebih sedikit, dan kandungan aktif flavonoid yang 10 persen lebih tinggi dibandingkan propolis yang beredar di pasaran. Kini, propolis serta produk turunan yang dikembangkan oleh Sahlan sudah diproduksi massal dan didistribusikan ke pasar Indonesia di bawah nama PT. RIN Biotek Indonesia.

Propolis sendiri mulai populer dimanfaatkan masyarakat Indonesia sebagai bahan pengobatan herbal dan kecantikan. Propolis merupakan lem lebah yang digunakan lebah untuk mensterilkan sarang mereka, propolis sangat bermanfaat sebagai zat anti-inflamasi dan anti-bakteri bagi manusia.

Berbeda dengan sabun cair pada umumnya, produk ini tidak menggunakan bahan kimia tambahan seperti SLS (Sodium Laureth Sulfate) ataupun Triclosan yang dalam penggunaan jangka panjang dapat membahayakan kesehatan. (UI/IY)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN Masih Dibuka hingga 9 Mei

Edupost.id – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih dibuka hingga besok, 9 Mei …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *