Selasa , 24 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Penemuan Mahasiswa UI Raih Juara di Kompetisi Hackathon Hardware

Penemuan Mahasiswa UI Raih Juara di Kompetisi Hackathon Hardware

DEPOK- Sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) berhasil mengukir prestasi di kompetisi Hackathon Hardware berkat dua karya inovatifnya, alat meteran digital dan Jemurin. Selain itu, tim UI ini berhak mempresentasikan hasil karyanya di acara Big Data Week 2015 pada tanggal 9 -10 Maret 2015, di Jakarta.

Dua tim mahasiswa UI tersebut terdiri dari Tim FlowGo dan Tim Sunsquare. Kedua tim berhasil meraih 2 juara dari total 3 penghargaan yang diumumkan dalam kompetisi Hackathon Hardware pertama di Indonesia pada 7-8 Maret 2015.

Kompetisi yang bertajuk Indonesia’s First Internet of Things Big Data Innovation Challenge ini mengumumkan Tim FlowGo sebagai juara 1 dan dan Tim Sunsquare sebagai juara 3 Hackathon Hardware.

Tim FlowGo merupakan mahasiswa gabungan antara Fasilkom UI dan FT UI yang juga bergabung sebagai Tim Robotika Universitas Indonesia (TRUI).

Tim ini beranggotakan Darwin (Ilmu Komputer 2011), Novian Habibie (Ilmu Komputer 2011), Lintang Adyuta Sutawika (T. Elektro 2011), Ismi Rosyiana Fitri (T. Elektro 2012), dan Aldwin Akbar (T. Komputer 2013).

Tim FlowGo berhasil mempresentasikan sebuah alat Meteran Air Digital yang menggabungkan sistem hardware, sistem software serta menggunakan konsep Internet of Things (IoT) dan Big Data.

Meteran air digital ini akan membantu pengguna dalam melakukan pemantauan penggunaan air secara online/internet. Dengan memanfaatkan sensor flowmeter, alat ini dapat mengukur data debit air yang melewati sensor tersebut kemudian datanya dikirimkan ke mikrokontroller dengan bantuan koneksi GPRS.

Tim lainnya ialah  tim Sunsquare yang terdiri dari Riza Herzego Nida Fathan (Sistem Informasi 2011), Yusuf Cahyo (Alumni Angk. Ilmu Komputer 2011), Muhammad Faris (Sistem Informasi 2013), Kurniagusta Dwinto (Ilmu Komputer 2011), dan Irfan Nur Afif (Ilmu Komputer 2011).

Jemurin merupakan alat berupa Jemuran pakaian yang telah ditegrasikan dengan sebuah sistem, yang bisa mendeteksi matahari dan hujan disaat tidak ada penghuni.

Check Also

oxford-university

Kampus Luar Negeri yang Diakui Dikti

Edupost.id – Menempuh pendidikan di luar negeri menjadi salah satu pilihan yang diambil sebagian orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *