Sabtu , 20 Oktober 2018
Home / Kabar Kampus / Kini UAJY Sediakan 5000 Buku Elektronik untuk Mahasiswa

Kini UAJY Sediakan 5000 Buku Elektronik untuk Mahasiswa

Edupost.id – Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) kini telah menyediakan fasilitas layanan buku elektronik secara online. Bekerjasama dengan penyedia ratusan ribu buku elektronik, John Wiley e-Library, pengunjung perpustakaan UAJY dapat mengakses buku dari berbagai bidang seperti Ekonomi, Teknik, Ilmu Sosial dan Bahasa.

Kepala Perpustakaan UAJY, Anastasia Tri Susiati, mengungkapkan, guna memaksimalkan fasilitas virtual library Wiley e-Text dan Willey Plus Digital Resources, perpustakaan kampus ini telah mengadakan pelatihan literasi informasi beberapa hari lalu. Pelatihan tersebut bertujuan memberikan pengetahuan cara mengakses dan memanfaatkan Wiley e-Text dan Willey Plus Digital Resources dengan dipandu Angela Teo dan Rojhlyn Balat dari Singapura.

Anastasia menambahkan, UAJY merupakan satu-satunya kampus di Yogyakarta yang memakai fasilitas Wiley e-Text dan Wiley Plus Digital Resources. Keberadaan Wiley e-Text dan Wiley Plus Digital Resource memudahkan mahasiswa untuk mencari buku atau bahan referensi yang berkualitas dalam jumlah banyak namun tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

“Apalagi untuk mencari bahan bacaan yang diinginkan, mahasiswa tinggal mengetikkan topik buku yang dicari di mesin pencari yang ada di situs Wiley. Seluruh civitas akademika UAJY dapat mengakses 5.000 buku elektronik yang dilanggan melalui kerja sama dengan Wiley ,” lanjutnya.

Kehadiran Wiley juga menjadi solusi bagi perpustakaan yang biasanya hanya menyediakan tiga eksemplar buku yang dapat dipinjam untuk setiap judul. Dengan adanya buku elektronik tersebut, jumlah yang dipinjam setiap judul menjadi tidak terbatas.

“Dengan disediakannya layanan fasilitas Wiley oleh perpustakaan diharapkan perpustakaan bisa semakin mendukung proses pembelajaran dan menumbuhkan pemikiran mahasiswa yang lebih maju,” ujarnya.

Penggunaan Wiley di kalangan civitas akademika UAJY, menurut Anastasia, baru mencakup 30%. Jumlah buku-buku dalam laman Wiley yang diakses baru belasan persen. Mahasiswa Fakultas Ekonomi menjadi jumlah pengakses laman Wiley terbanyak.

Untuk itu, pihak-pihak terkait seperti pengelola perpustakaan berupaya melakukan berbagai langkah untuk mengoptimalkan penggunaan Wiley di kalangan civitas akademika. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi kepada mahasiswa maupun dosen. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=