Selasa , 24 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Pomade Rumput Laut Karya IPB Jadikan Rambut Sehat dan Stylish
Pomade Rumput Laut Karya IPB
Pomade Rumput Laut Karya IPB

Pomade Rumput Laut Karya IPB Jadikan Rambut Sehat dan Stylish

Edupost.id – Tim mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) menciptakan pomade rumput laut yang diperkaya herbal tropis untuk rambut sehat dan stylish. Pomade tersebut diberi nama PORL. Tim IPB itu ialah Ryan Fachrozan, Nur Indah Sari, Akhmad Khoeron,  Akhmad Sudadi, M. Fakhri Abrory dari Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB.

PORL pomade  rumput  laut  diharapkan  menjadi  suatu  produk unggulan yang dapat dipakai masyarakat dari mulai remaja hingga usia dewasa. “PORL” pomade rumput laut yang dibuat Ryan Fachrozan dan tim, merupakan produk yang memanfaatkan rumput laut (Sargassum sp) sebagai bahan bakunya. Produk ini dibuat dengan bahan-bahan alami Tropical Herbs yang kaya akan komponen-komponen bioaktif yang dapat menyehatkan rambut  dan  tetap  stylish.

Ryan Fachrozan dan tim sebelumnya melakukan  survei terhadap beberapa jenis pomade. Dikatakannya, pomade  yang saat ini beredar di Indonesia memiliki berbagai macam jenis, yaitu pomade jenis oil based dan water based. Produk pomade yang berbahan baku alami cenderung masih sedikit terutama bahan baku yang memanfaatkan hasil perairan berupa rumput laut (Sargassum sp). Lebih lanjut

Fachrozan menyampaikan bahwa fungsi utama dalam pembuatan “PORL”-nya adalah sebagai gelling, aging, stabilizer, emulsifier dan thickning. Dalam rumput laut Sargassum sp. mengandung vitamin E, a, ß, γ-tokoferol dan polifenol. Polifenol telah terbukti memiliki aktivitas antibakteri, sehingga dapat dijadikan alternatif bahan antibiotik. Salah satunya terbukti bahwa rumput laut mampu melawan bakteri Helicobacter pylori, penyebab penyakit kulit.

Ryan mengatakan,  produk “PORL” hasil inovasinya mampu bersaing dengan produk pomade lain karena memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh pomade lainnya. Produk pomade rumput laut “PORL” memiliki berat bersih 40  gram  dan  80  gram  dengan  empat  tingkat  kekakuan yang berbeda. Varian tersebut diantaranya Soft, Medium, Hard, dan Extra hard. Tim “PORL”telah bermitra dengan beberapa barbershop diantaranya Azie’s Barbershop, Juragan D’Barbers, dan Skate Barbershop. (IK-SS)

Check Also

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Pengembangan Karir Pra Wisuda IPB

Edupost.ID- Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni (DPKHA) Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar “Studium Generale …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *