Kamis , 19 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Populerkan Mainan Tradisonal, Atma Jaya Gelar Lomba Kapal ‘Othok-Othok’

Populerkan Mainan Tradisonal, Atma Jaya Gelar Lomba Kapal ‘Othok-Othok’

Edupost.ID, Yogyakarta – Mainan tradisional saat ini kalah populer dibanding mainan modern. Himpunan Mahasiswa Teknik Industri UAJY (Universitas Atma Jaya Yogyakarta) ingin mengembalikan eksistensi dari permainan-permainan tradisional dengan mengadakan TIOS (Teknik Industri On the Spot) yang terdiri dari lomba Go Ship dan Let’s Get Race 2015, Sabtu (16/5).

“Anak-anak kecil sekarang kan banyak yang mainannya gadget, maka kami ingin mengangkat kembali mainan-mainan tradisional,” ujar Putu Donny Angga, Ketua Panitia TIOS.

Tema yang diangkat adalah budaya tradisional. Sehingga tempat yang digunakan untuk berlomba juga merupakan tempat tradisional, Pasar Ngasem Yogyakarta. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang diadakan di kampus.

Go Ship merupakan perlombaan kapal othok-othok yang berkonsep sederhana. Dengan memanfaatkan barang barang bekas dan tenaga yang sangat simpel (tenaga uap). Sedangkan Let’s Get Race merupakan balap mobil dengan tenaga sains sederhana (tidak ada ada unsur mesin dan listrik). Menggunakan bahan-bahan 3F, bisa menggunakan perangkap tikus, balon, karet, pegas, dan lain-lain.

Lomba Go Ship atau balap kapal othok-othok digelar pada Sabtu lalu (16/5) di Plaza Pasar Ngasem. Acara dimulai pukul 13.00 WIB. Dalam sekejap, pasar tradisional ini dipenuhi mahasiswa yang hendak berlomba maupun yang hanya menonton.

Peserta Go Ship berjumlah 75 kelompok, dengan masing-masing kelompok terdiri dari 2 orang. Sekali bertanding (race) melibatkan 6 kelompok sekaligus. Lintasan terbuat dari semacam paralon terdiri dari dua dinding dan alas berisi air. Kapal peserta ada yang terbuat dari kaleng minuman, kotak susu, kapal othok-othok, dan lain-lain. Kapal dihidupkan dengan menyalakan api.

Peserta diberi waktu tiga menit untuk test drive dan 30 detik untuk mempersiapkan kapal di arena. Pergantian kapal tidak boleh dilakukan di dalam arena. Jika kapal berhenti, peserta boleh menghidupkan kembali setelah diberi aba-aba oleh panitia. Ketika sudah ada tiga pemenang, maka perlombaan dihentikan.

Peserta merupakan mahasiswa dari UGM, UPN, Atma Jaya, dan ada juga SMK dari Solo. Untuk lomba Let’s get race diikuti 18 kelompok dengan rincian 1 (satu) kelompok terdiri dari 2 (dua) orang.
Peserta Go Ship memperebutkan hadiah senilai Rp 1.250.000 untuk juara 1, Rp 750.000 untuk juara 2, dan Rp 500.000 untuk juara 3.

Juara 1 lomba Let’s Get Race akan memperoleh uang senilai Rp 1.800.000, juara 2 Rp 750.000, dan juara 3 Rp 500.000. Sedangkan Festival juara 1 Rp 500.000, juara 2 Rp 300.000, serta hadiah desain favorit Rp 150.000. (Nurfi)

Check Also

Cara Mengajarkan Membaca kepada Anak dengan Cepat

Cara Mengajarkan Membaca kepada Anak dengan Cepat

Edupost.id – Kadang orangtua atau guru mengalami kesulitan dalam mengajarkan membaca kepada anak. Ada banyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *