Jumat , 20 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Program D3 Unpad Naik Jadi D4 Mulai Tahun Ini
Universitas Padjajaran (unpad)
Universitas Padjajaran (unpad)

Program D3 Unpad Naik Jadi D4 Mulai Tahun Ini

Edupost.id – Pada tahun akademik 2016/2017 mendatang, Unpad akan menaikkan jenjang keseluruhan pendidikan Diploma III (D3) menjadi Diploma IV (D4). Program D4 atau sering disebut program “Sarjana Terapan” ini diharapkan dapat menjembatani lulusannya untuk masuk ke jenjang Pascasarjana Terapan.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Arry Bainus menyampaikan, jika pendidikan vokasional sebatas Diploma III, maka lulusannya akan mengalami kesulitan jika akan meneruskan ke jenjang Pascasarjana Terapan. “Kalau hanya D III, dia hanya berhenti, tidak ada jembatan untuk ke Pascasarjana Terapan,” ujarnya.

Masa studi Program Diploma IV akan sama dengan program Sarjana, yaitu 4 tahun. Arry menyebutkan, perbedaan program Diploma IV dengan Sarjana ialah program Diploma IV akan terfokus pada pendidikan vokasional.

“Kurikulum D IV lebih menitikberatkan pada praksis,” ucapnya. Metode pendidikan Diploma IV, lanjutnya, akan lebih banyak mengimplementasikan program open extended campus.

Staf pengajar Diploma IV lebih banyak praktisi dari luar yang memiliki kepakaran sesuai dengan program studi yang dibuka. Sementara pendidikan di program Sarjana lebih akademis.

Ada empat fakultas yang saat ini menyelenggarakan pendidikan Diploma III, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Program Ahli Administrasi Perusahaan), Fakultas Ilmu Komunikasi (Kehumasan), FISIP (Administrasi dan Administrasi Pemerintahan), serta FMIPA (Analisis Kimia). Prodi tersebut seluruhnya akan ditingkatkan menjadi Diploma IV. (Unpad/ IK-SS)

Check Also

unpad kembangkan-kampus Arjasari

Unpad Kembangkan Kampus Arjasari Mulai Tahun Ini

Edupost.id – Mulai 2017 Unpad akan mengembangkan kampus di Arjasari, Kabupaten Bandung, untuk kegiatan pengembangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *