Selasa , 24 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Prototype Inkubator UGM Menangkan YES Competition

Prototype Inkubator UGM Menangkan YES Competition

Tiga mahasiswa UGM meraih juara harapan 1 dalam ajang Young Entrepreneurship Spirit Competition 2015 yang digelar oleh Bank OCBC NISP bekerja sama dengan Yayasan Karya Salemba Empat, Rabu (7/10) di Jakarta.

Ketiga mahasiswa tersebut, yaitu Nasrul Hidayat dan Yudhi Kurniawan S (Fakultas Peternakan) serta Saipul Afandi Wahyu Wibisono (Fakultas Teknik). Dalam kompetisi tersebut, Nasrul Hidayat beserta timnya mengikuti lomba kategori Technology for Indonesia. Mereka membuat prototype inkubator telur otomatis yang dinamai “Super Inkubator” – Satu Juta Anak Ayam.

Menurut Yudhi, salah satu anggota tim, inkubator ini memiliki sensor suhu, pengaturan kelembaban dan motor penggerak otomatis. Mesin penetas telur konvensional masih memiliki banyak kekurangan sehingga muncul ide untuk membuat alat ini.

“Peternak biasa belum menggunakan mesin penetas otomatis karena harganya yang mahal. Dengan inkubator ini kita mampu menekan biaya produksi sehingga alat tersebut terjangkau oleh peternak biasa,” ujar Yudhi.

Rencananya, lanjut Yudhi, inkubator ini nantinya bisa diaplikasikan di desa binaan Fakultas Peternakan di wiliyah Yogyakarta. Dengan tingkat keberhasilan menetaskan telur hingga 90%, diharapkan desa-desa binaan tersebut akan menjadi kampung day old chicks (DOC). Apalagi, daging ayam saat ini paling potensial dalam program swasembada daging sehingga dengan adanya peningkatan DOC akan turut membantu menyukseskan program tersebut.

“Enam bulan ke depan kita akan dapat pembinaan untuk pengembangan produk,” pungkas Yudhi. (Satria)

Check Also

oxford-university

Kampus Luar Negeri yang Diakui Dikti

Edupost.id – Menempuh pendidikan di luar negeri menjadi salah satu pilihan yang diambil sebagian orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *