Sabtu , 16 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Puluhan Kapal Miniatur Pelajar se-Jawa Saling Beradu di Nasdarc ITS

Puluhan Kapal Miniatur Pelajar se-Jawa Saling Beradu di Nasdarc ITS

SURABAYA- Ratusan pelajar yang terdiri dari 48 tim mahasiswa dan 48 tim pelajar SMA/SMK se-Jawa mengikuti Kompetisi Rancang Bangun dan Lomba Kapal (Nasdarc), di Kolam Graha Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Rabu (26/3). Sebanyak 96 kapal miniatur ditandingkan dalam kompetisi ini.

“Lomba desain dan balap kapal miniatur yang dikendalikan dengan kendali jarak jauh itu merupakan bagian dari agenda tahunan bertajuk ‘Semarak Mahasiswa Perkapalan’ (Sampan),” ujar Wakil Ketua Sampan 9 ITS, Rafid Buana Putra, dilansir antara.

Rafid menyebutkan, Sampan 9 juga dimeriahkan dengan Lomba Karya Cipta Nasional Maritim (Lokarina) untuk mahasiswa, dan Kompetisi Perahu Layar Nelayan Surabaya untuk para nelayan Surabaya dan Madura.

Selain itu, acara ini juga diisi dengan dialog interaktif bersama nelayan Surabaya, dan Sampanesia untuk penanda dimulainya dan berakhirnya Sampan 9.

“Untuk Nasdarc kategori mahasiswa dilaksanakan pada Rabu (25/3), sedangkan Nasdarc kategori pelajar dilaksanakan pada Kamis (26/3). Bedanya, kalau mahasiswa merancang sendiri kapal miniatur, sedangkan pelajar diberi mesin kapal miniatur dan kendali jarak jauh,” jelasnya.

Rafid menyampaikan, tim mahasiswa ITS dan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) berhasil menjadi pemenang dalam lomba balap dan desain kapal miniatur dengan remote.

“Tim ITS menjadi juara pertama dan menyabet rancagan terbaik, sedangkan tim PPNS meraih juara kedua dan ketiga. Setiap peserta mendapatkan hadiah uang pembinaan dan piala,” tandasnya.

Jumlah peserta tahun ini meningkat, tim mahasiswa yang mengikuti acara ini berasal dari UI, ITB, Undip, ITS, Universitas Muhammadiyah Surakarta, UNY, Untirta, UNS, PPNS, Unibraw Malang, Universitas Tanjungpura, Unej. (IK//SS)

Check Also

KPAI Temukan Buku IPS Soal Yerussalem selain Penerbit Yudistira

Edupost.id – Buku IPS yang memuat konten bertuliskan “Ibukota Israel adalah Yerussalem” ternyata tidak hanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *