Senin , 24 April 2017
Home / Kabar Kampus / Puluhan Siswa SMP Ikuti Young Science Competition di UNY
Young Science Competition
Young Science Competition (foto: Andi Edupost)

Puluhan Siswa SMP Ikuti Young Science Competition di UNY

Edupost.id, Yogyakarta – Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar babak penyisihan Young Science Competition (YSC) 2016. Acara yang digelar di Fakultas MIPA UNY ini merupakan kompetisi sains yang diikuti oleh siswa SMP/MTs di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ketua panitia YSC 2016, Rilo Pangastuti kepada Edupost.Id mengatakan, acara ini bertujuan untuk mewadahi potensi bakat sains di kalangan siswa SMP. Pada babak penyisihan yang digelar Sabtu (30/4), peserta disuguhi naskah soal tertulis.

“Soalnya terdiri dari soal pilihan ganda dan essay. Soalnya seperti soal olimpiade,” terang Rilo.

Para peserta yang lolos dari babak penyisihan akan masuk ke babak final yang akan dihelat 14 Mei mendatang di kampus FMIPA UNY. Pada babak final, materi lomba yang akan diikuti oleh peserta adalah praktikum, demonstrasi, dan cerdas cermat.

Babak penyisihan kompetisi ini diikuti 60 peserta. Dan hanya 10 peserta dengan nilai tertinggi yang berhak melaju ke babak selanjutnya. Para juara akan mendapat Tropi, sertifikat dan uang pembinaan. Juara pertama akan mendapat tropi Gubernur DIY, juara kedua tropi Bupati Sleman, dan juara ketiga tropi Dekan FMIPA UNY.

Yoga Hadi Yulianto, selaku Sterring Commitee menambahkan, YSC tahun ini sudah mengalami perkembangan dibanding penyelenggaraan tahun sebelumnya. “Pada tahun kemarin pesertanya hanya 30. Akhirnya kami adakan perbaikan, termasuk publikasi. Dan tahun ini pesertanya bertambah jadi 60 orang,” ujar Yoga. (Andi)

Check Also

bill-gates

Bill Gates saja Larang Anaknya Miliki Ponsel

Edupost.id – Mungkin sebagian besar orang mengira pria terkaya di dunia, Bill Gates pasti tak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *