Selasa , 17 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Pustakawan UGM Raih Predikat Berprestasi Nasional

Pustakawan UGM Raih Predikat Berprestasi Nasional

YOGYAKARTA – Pustakawan UGM, Aprilia Mardiastuti berhasil meraih juara kedua sebagai Pustakawan Berprestasi tingkat nasional 2015. Ia meraih predikat itu dalam Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi Tingkat Nasional, 28 Oktober 2015 lalu, untuk kategori pustakawan. Di ajang itu, April menawarkan inovasi aplikasi dalam pengelolaan sumber-sumber pengetahuan berbentuk digital hasil penelusuran dan rujukan pustakawan maupun peneliti sebelumnya.

Ia menyampaikan, akar masalah yang ditemuinya saat menggagas sistem itu adalah banyaknya literatur yang sudah diunduh oleh dosen maupun mahasiswa yang masih tercecer, sehingga jika diperlukan lagi sulit untuk ditemui atau bahkan tidak bisa diunduh kembali.

April menawarkan kemudahan penelusuran yang dapat diakses dengan mudah oleh pustakawan maupun pemustaka. Manfaat atas sistem ini adalah adanya kesinambungan informasi yang dahulu pernah dimanfaatkan dalam proses penelitian suatu bidang dengan penelitian yang akan datang sebagai bahan referensi atau rujukan.

Ia mengaku, selama dua puluh tahun mengabdi menjadi pustakawan, ia menjadi lebih peka terhadap segala hal tentang referensi pengetahuan yang akan datang. Hal ini menurutnya menjadi nilai tambah ketika ia mengikuti kompetisi nasional ini, sehingga kompetisi yang diikutinya adalah kesehariannya.

April berharap pustakawan di UGM dapat lebih memanfaatkan kemajuan teknologi yang telah berkembang dengan pesat. Sebab, melalui pemanfaatan teknologi ini setiap pustakawan akan bisa meningkatkan pengetahuannya. (UGM/IK-SS)

Check Also

Monica, Siswa MTs Yapi Sleman

Monica, Siswa MTs Yapi Sleman Jadi Pembicara di Forum WHO

Edupost.id – Seorang bocah perempuan bernama Monica beberapa hari ini mendadak viral di dunia maya. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *