Kamis , 21 Juni 2018
Home / Kabar Kampus / Putu Wijaya Raih Doktor Honoris Causa dari ISI Yogyakarta
Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta
Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

Putu Wijaya Raih Doktor Honoris Causa dari ISI Yogyakarta

Edupost.id – Seniman Putu Wijaya mendapat anugerah doktor honoris causa (HC) bidang teater dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, di Concert kampus setempat, Rabu (21/2) malam.

Mengenakan batik, sepatu kets, dan berkursi roda, seniman bernama lengkap I Gusti Ngurah Putu Wijaya ini menyampaikan pidato ilmiah berjudul ‘tradisi baru’.

Promotor gelar, Prof Dr Yudiaryani MA., menyebut, tak mudah bagi seseorang untuk mendapatkan gelar ini. Proses panjang harus dilalui, mulai dari pengusulan nama di Program Studi Teater Fakultas Seni Pertunjukan, kemudian naik ke tingkat senat sampai akhirnya disetujui Menristekdikti.

“Penganugerahan gelar Doctor Honoris Causa terlaksana dengan proses persiapan cukup panjang, dimulai dari tahun 2016, yaitu pengusulan dari tingkat jurusan/program studi dan seleksi ketat dari tingkat fakultas hingga akhirnya persetujuan di tingkat institut,” kata Yudiaryani.

Yudiaryani yang juga Dekan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta itu juga mengapresiasi karya Putu wijaya. Dalam perjalanan karirnya, seniman kelahiran Tabanan, Bali pada 11 April 1944 ini berhasil melakukan transformasi nilai budaya kedaerahan menjadi nilai kebangsaan.

Setelah menyelesaikan SMA di Bali, Putu kuliah di Fakultas Hukum UGM dan lulus tahun 1969. Ia juga belajar seni lukis di Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) dan seni drama di Akademi Seni Drama dan Film (ASDRAFI).

Putu Wijaya dinilai sangat berjasa dalam pengembangan ilmu dan seni, khususnya teater. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=