Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Kampus / Racun Inovasi Unpad Ini Aman dan Ampuh Basmi Tikus
Racun Inovasi Unpad Ini Aman dan Ampuh Basmi Tikus
Racun Inovasi Unpad Ini Aman dan Ampuh Basmi Tikus (Unpad dok.)

Racun Inovasi Unpad Ini Aman dan Ampuh Basmi Tikus

Edupost.id – Salah satu upaya untuk mengendalikan hama tikus adalah dengan menggunakan umpan beracun (Rodentisida). Namun, produk yang beredar saat ini kurang memperhatikan segi keamanan bagi pengguna. Selain itu, desain kurang praktis, tidak berorientasi pada semua target spesies tikus.

Hal ini menggugah peneliti Unpad, Wahyu Daradjat Natawigena yang juga Dosen Departemen Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Unpad, untuk mengembangkan produk rodentisida yang lebih inovatif aman dan sesuai dengan keinginan konsumen. Wahyu saat ini telah berhasil mengembangkan rodentisida dengan nama “Rodentox” yang memiliki keunggulan dibanding rodentisida lain di pasaran.

Keunggulan lain dari Rodentox adalah Rodentisida ini memiliki unique selling point, diantaranya efektif digunakan tanpa membuka kemasan serta tidak membuat jera umpan. Dengan demikian, tikus tidak sadar bahwa sedang memakan racun tikus. Aroma racun pun diciptakan untuk disukai tikus.

Rodentox juga aman bagi manusia. Racun ini memiliki penawarnya (antidotum), yaitu vitamin K. Jika racun ternyata dimakan oleh bukan target, seperti hewan peliharaan atau bahkan manusia, maka proses pengobatannya cukup dengan meminum tablet vitamin K, dengan meminum vitamin K, maka pemakan racun akan terhindar dari kematian.

“Diharapkan dengan produk ini, populasi hama tikus di Indonesia berada di bawah ambang yang tidak merugikan untuk manusia. Lingkungan sehat, tanaman pangan pun akan terlindungi,” ujar Dr. Wahyu. (Unpad/ IK-SS)

Check Also

Putri Malu bisa menyembuhkan asam urat

Peneliti Unpad Lawan Asam Urat dengan Ramuan Putri Malu

Edupost.id – Tanaman Putri Malu (Mimosa pudica L.) termasuk tanaman yang unik karena mampu mengatupkan sendiri daun-daunnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *