Rabu , 18 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Raih Young Scholar Award, Mahasiswa ITB Terbang ke San Diego
kampus-itb
Kampus ITB

Raih Young Scholar Award, Mahasiswa ITB Terbang ke San Diego

Edupost.id – Aplikasi Geographic Information System (GIS) menarik perhatian banyak pihak karena menjadi penunjang berbagai aktivitas pemerintahan, pengembangan bisnis, dan pertumbuhan suatu daerah. Salah satu mahasiswa ITB, Tombayu Amadeo Hidayat (Teknik Geodesi dan Geomatika 2012), telah membuktikan kompetensinya dalam mengaplikasikan GIS dengan meraih ESRI Young Scholar Award 2016.

Tom, panggilan akrabnya, membuat sebuah web yang menyajikan informasi peta kuliner di Bandung: petaboga.wix.com/main. Web yang memuat informasi kuliner Bandung dalam bentuk storymaps dan foodpoint map ini berhasil membawa Tom mengungguli para mahasiswa se-Indonesia dalam seleksi pemilihan ESRI Young Scholar Award 2016.

“Tujuan saya ingin mempromosikan makanan-makanan di Bandung yang unik. Itu merupakan daya tarik tersendiri dari Kota Bandung. Saya kepikiran untuk menggabungkan peta dengan makanan-makanan dalam satu website,” tutur Tom.

Berkat prestasinya tersebut, Tom kemudian mendapatkan tiket emas untuk menghadiri ESRI User Conference 2016 di San Diego, Amerika Serikat. Konferensi internasional tersebut tidak hanya dihadiri oleh pelajar, tetapi seluruh pengguna GIS, seperti instansi pemerintahan dan para pengusaha. Tidak kurang dari 15.000 orang dari seluruh penjuru dunia berkumpul di ajang bergengsi tersebut.

ESRI User Conference 2016 berlangsung selama lima hari (27/06-01/07/16) di San Diego Convention Center. Konferensi tersebut terdiri atas beberapa sesi panel, diskusi, workshop dan pameran karya oleh para young scholars. Tom pun mempresentasikan Petaboga di sesi Map Gallery bersama pelajar dari belahan dunia lainnya. Kesempatan ini membuat Tom bisa bertemu dengan banyak orang dan saling berbagi pengetahuan tentang GIS.

“Saya menganggap GIS itu sebagai tools. Seharusnya orang-orang sudah bisa menggunakannya. Saya pengen fokus di bidang lain tapi saya menggunakan GIS dalam bidang saya itu,” tutur Tom yang tengah mengerjakan Tugas Akhir tentang remote sensing.

 

Check Also

Budayawan Indonesia Menginspirasi Budayawan Selandia Baru

Tim AKSANTARA ITB Dapat 6 Penghargaan KRTI 2016

Edupost.id –  AKSANTARA kembali mengharumkan nama ITB pada KRTI (Kontes Robot Terbang Indonesia) 2016 di …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *