Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Ratusan Robot Berlaga di Kompetisi Robotik UGM
Ratusan Robot Berlaga di Kompetisi Robotik UGM
Ratusan Robot Berlaga di Kompetisi Robotik UGM

Ratusan Robot Berlaga di Kompetisi Robotik UGM

Edupost.id – Ratusan tim robotik dari berbagai daerah di Indonesia turut berlaga dalam Elins Robotic Competition (Ebotic) 2017. Acara yang berlangsung di gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri (PKKH) Universitas Gadjah Mada (UGM), Minggu (27/8) ini diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektronika dan Instrumentasi FMIPA UGM.

Ketua panitia, Deva Agus, kepada Edupost.id menuturkan, Ebotik terbuka untuk umum secara nasional. Kompetisi robotik ini terdiri dari empat kategori, yaitu Line Follower Analog, Sumo Robot, Mini KRI, dan Low Cost Innovation. Secara keseluruhan ada 109 tim yang ikut ambil bagian dalam kompetisi ini.

“Seluruhnya ada 109 tim peserta yang berasal dari berbagai daerah. Untuk Analog diikuti oleh tim SD dan SMP, Sumo diikuti oleh SD, SMP, SMA. Sedangkan Mini KRI dan Inovasi Low Cost diikuti oleh SMA dan mahasiswa,” ujar Deva di sela-sela acara.

Dalam Line Follower Analog Lomba, robot harus mengikuti garis hingga finish dengan menggunakan line follower analog. Sumo Robot mengadu Robot yang memiliki kemampuan untuk mendorong lawannya keluar dari lingkaran arena yang telah disediakan.

Sementara Mini KRI mengadu kecapatan dengan menggunakan robot line follower dengan mengikuti sebuah jalur berupa garis yang terdapat rintangan yang harus diselesaikan. Sedangkan Low Cost Innovation merupakan lomba adu kreatifitas yang bertujuan untuk membuat suatu alat dengan kegunaan dan kemampuan khusus dengan biaya yang terjangkau.

“Acara ini diadakan karena background kita elektronika yang berkaitan dengan robot sebagai salah satu pengembangan skill. Kami juga ingin membuat wadah pelajar dan mahasiswa Indonesia mengembangkan skili di bidang robotik,” imbuh mahasiswa semester lima itu.

Dikatakan Deva, acara Ebotic adalah bagian dari acara Festival Elektronika Indonesia (FEI) yang digelar setiap tahun. Selain Ebotic, juga digelar seminar dan konser musik.

Salah satu peserta kompetisi ini adalah Mugadeta Robotics dari SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman. “Kami bawa delapan tim, masing – masing empat tim untuk Line Follower dan empat tim Sumo. Semoga dapat hasil terbaik,” ujar Ary Gunawan, pendamping Mugadeta Robotics. (Andi)

Check Also

UGM Raih Juara Umum Soil Festival Karst Indonesia

UGM Raih Juara Umum Soil Festival Karst Indonesia

Edupost.id – Tim Universitas Gadjah Mada (UGM) meraih prestasi dalam dua kategori lomba LKTIN Karst Indonesia dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *