Kamis , 21 September 2017
Home / Kabar Kampus / Rektor IAIN Padang Meminta Wapres Ubah Status Kampus

Rektor IAIN Padang Meminta Wapres Ubah Status Kampus

JAKARTA- Rektor IAIN Imam Bonjol Padang Prof Makmur mengusulkan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla agar Institut Agama Islam Negeri Padang diubah statusnya menjadi Universitas Islam Negeri Padang.

“Kami ilmuwan Padang ingin beralih status dari Institut Agama Islam Negeri ke Universitas Islam Negeri Padang. Kami minta Pak Wapres agar proses perubahan status jadi universitas ini segera terwujud,” ujar Rektor IAIN Imam Bonjol Padang, Prof Makmur Syarif, dilansir ROL.

Menurut Makmur, saat ini usulan tersebut tengah diproses di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Selanjutnya, akan ditindaklanjuti ke Bappenas.

Ia menambahkan, Wapres telah menyatakan dukungannya untuk merubah status IAIN menjadi Universitas. Menurut Kalla, lanjut Makmur, sudah sewajarnya Sumatera Barat memiliki universitas.

Makmur menyebutkan, sudah banyak tokoh yang juga berasal dari Sumatera Barat. Selain itu, karena tingginya minat mahasiswa yang mendaftarkan diri masuk ke IAIN.

“Nggak tertampung. Kemarin 9.850 orang, daya tampung kami 2.600 orang sehingga kami mendapat bantuan dana dari suku haji sekitar Rp 4,2 miliar untuk kampus baru,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, untuk menjadikan IAIN menjadi Universitas, pihaknya sudah mempersiapkan 63 hektar lahan di Sungai Bange guna pembangunan dan perluasan gedung kampus. “Yang ada dua kampus, di Jalan Sudirman untuk S2 dan S3, lalu Jalan Maminus untuk S1 semua, untuk itu kita siapkan kampus baru,” ujar Makmur.

Check Also

siswa sd ikuti pesantren kilat ramadhan

Pendidikan Bukan Hanya untuk Cetak Anak Pandai

Edupost.id – Pendidikan seharusnya bukan hanya mencetak anak pandai secara akademis. Pendidikan justru diharapkan dapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *