Rabu , 13 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Rektor Terpilih UIN Alaudin Makassar Batal Dilantik

Rektor Terpilih UIN Alaudin Makassar Batal Dilantik

JAKARTA- Pelantikan rektor terpilih UIN Alaudin Makassar, Andi Faisal Bakti dibatalkan. Hal ini disebabkan proses pemilihan yang ada, dinilai melanggar aturan atau dianggap tidak sah.

“Sebelum pemilihan rektor berlangsung pihak Kemenag sudah memberikan surat edaran kepada enam perguruan tinggi yang akan melakukan pemilihan agar menunda proses pemilihan rektor hingga statuta baru keluar yang tertuang dalam PMA Nomor 20 tahun 2014,” ujar Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin, dilansir ROL.

Pembuatan statuta baru untuk mengakomodir PP Nomor 4 Tahun 2014. Tetapi, pihak senat UIN Makasar mengabaikan surat edaran tersebut dan tetap mengadakan proses pemilihan rektor dengan mengacu pada statuta lama.

Proses pemilihan yang tidak mengacu pada statuta baru menyebabkan sekitar 50 persen anggota senat memutuskan tidak hadir dalam pemilihan tersebut. Akibatnya pemilihan tidak kuorum.

Menurutnya, isi dalam statuta merupakan acuan untuk perguruan tinggi negeri yang berlaku secara nasional. Karena itu, harus diikuiti oleh semua perguruan tinggi negeri, termasuk UIN Makasar.

Kamaruddin menyampaikan, Ahmad Thib Raya dipilih sebagai pengganti sementara (Pgs) Rektor UIN Makasar agar dapat mengkondusifkan  keadaan sehingga tidak terjadi perpecahan.

“Kita kan cari solusi, cari jalan keluar. Pilih orang yang dianggap bisa diterima semua pihak. Dan sekarang terbukti kondusif disana. Tidak ada yang protes. Semua anggota senat setuju. Semua terima,” ujarnya.

Check Also

Tahun 2018 Semua Sekolah Harus Terapkan Kurikulum 2013

Edupost.id – Pada tahun 2018 semua sekolah di Indonesia sudah harus menerapkan Kurikulum 2013. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *