Sabtu , 25 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Rektor UIN Suka Ingin Integrasikan Sains ke dalam Pendidikan
Siswa madrasah menerapkan ilmu sains
Ilustrasi. Siswa madrasah menerapkan ilmu sains

Rektor UIN Suka Ingin Integrasikan Sains ke dalam Pendidikan

Edupost.id, Yogyakarta – Kemajuan Islam pada Abad Pertengahan antara lain disebabkan keberhasilan mengintegrasikan sains dalam peradabannya. Kemunduran yang dialami umat Islam saat ini justru akibat membuang sains dari kurikulum madrasah. Pembuangan sains tersebut terjadi sejak akhir Abad ke-12, imbasnya terjadi kemunduran kualitas keilmuan di Dunia Islam. Hal itu dikatakan Yudian Wahyudi, saat serah terima jabatan Rektor UIN Sunan Kalijaga di Rektorat UIN Sunan Kalijaga, (13/5).

Yudian sebelumnya telah ditetapkan dan dilantik menjadi Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta masa bakti 2016-2020 oleh Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Kementerian Agama di Jakarta, (12/5). Sesuai dari Surat Keputusan Menteri Agama (SK Menag) RI Nomor: B.II/308205,08206 dan 08207, alumni Havard University USA tersebut mengantikan Pgs Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Machasain.

“Karena itu, tugas pertama saya adalah bagaimana mengintegrasikan kembali sains tersebut ke dalam pendidikan kita, termasuk di UIN Sunan Kalijaga. Apalagi, kini telah terjadi krisis pendidik, sehingga program saya ke depan pertama adalah bagaimana meningkatkan kualitas dosen, melakukan gerakan profesorisasi tenaga pendidik,” kata Yudian.

Sementara itu, mantan Rektor UIN Sunan Kalijaga, Machasin, mengucapkan terimakasih sekaligus mohon maaf apabila selama menjabat sebagai Pgs Rektor UIN Sunan Kalijaga ada kekeliruan dan kesalahan.

Dalam kesempatan tersebut, ia berpesan kepada rektor baru UIN Sunan Kalijaga untuk segera menyelesaikan problem yang belum kunjung selesai, seperti pembangunan kampus II di Pajangan dan penandatanganan ijazah bagi lulusan yang sempat tertunda karena tidak adanya rektor definitif. (Andi)

Check Also

fahimudin kholida man 3 bantul

Dua Siswa MAN 3 Bantul Raih Emas World Mathematics Invitational 2017

Edupost.ID – Dua siswa MAN 3 Bantul kembali berprestasi di kancah nasional setelah berhasil meraih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *