Kamis , 22 Februari 2018
Home / Kabar Kampus / Daftar Bidikmisi, Ortu Jangan Manipulasi Data Penghasilan
bidikmisi
Ilustrasi. Beasiswa Bidikmisi

Daftar Bidikmisi, Ortu Jangan Manipulasi Data Penghasilan

Edupost.id – Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa meminta sekolah berhati-hati dalam pendampingan pendaftaran bidikmisi. Jangan sampai orangtua memanipulasi data penghasilan untuk mendaftar bidikmisi.

“Khusus bidikmisi Bapak Ibu guru harus melakukan pencermatan terhadap anak-anak. Bidikmisi bukan hanya beasiswa untuk yang berprestasi saja, tapi beasiswa prestasi yang kurang mampu,” ujar Sutrisna.

Diterangkannya, calon mahasiswa yang dapat mengajukan beasiswa bidikmisi memiliki ketentuan yang jelas. Orang tua memiliki tanggungan dua orang dan penghasilan maksimal tiga juta per bulan.

Setiap PTN nantinya juga akan melakukan verifikasi untuk memastikan kebenaran data yang diisikan. Sutrisna mengaku pernah menemukan orangtua yang mencoba memanipulasi data penghasilan.

“Saya verifikasi, orangtuanya pengusaha pande besi. Kalau saya hitung penghasilannya 22,5 juta, kok mengajukan bidikmisi,” katanya.

Calon mahasiswa yang seperti ini, menurutnya tak layak mendapat bidikmisi. Seharusnya, kursi bidikmisi dapat diisi orang lain. Ketika ada yang tidak lolos verifikasi, maka prosesnya harus dimulai dari awal.

Disebutkan Sutrisna, tahun ini masing-masing perguruan tinggi negeri masih membuka kuota sekitar 15-20% kursi pada SNMPTN maupun SBMPTN. Ini seharusnya dapat dimanfaatkan oleh siswa berprestasi dan kurang mampu secara ekonmomi. (Andi)

Check Also

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Lomba Karya Tulis Ilmiah UNY untuk Mahasiswa D3 dan S1

Edupost.id – Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian (UKM) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan menggelar Lomba Karya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *