Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Kampus / Repository IPB Peringkat Pertama di Asia Tenggara
Institut Pertanian Bogor (IPB)
Institut Pertanian Bogor (IPB)

Repository IPB Peringkat Pertama di Asia Tenggara

Edupost.id – Repository Institut Pertanian Bogor (IPB), situs penyimpanan karya mahasiswa dan dosen yang dijadikan rujukan peneliti Indonesia maupun luar negeri, meraih peringkat pertama sebagai web terbaik di Asia Tenggara pada Juli 2017. Repository ini dikelola sejak 2012 di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Sarana dan Bisnis IPB.

Direktur IDSI IPB, Idat Galih Permana menyebutkan, prestasi ini menunjukkan bahwa Repository IPB telah dikelola dengan baik. Penilaian ini dilakukan oleh Webometrics yang merupakan sistem peringkat yang memperhitungkan baik volume maupun isi web, visibilitas dan dampak dari publikasi web sesuai dengan jumlah pranala luar yang diterima.

Kepala Unit Perpustakaan IPB, Pudji Muljono menuturkan bahwa prestasi yang diraih ini merupakan yang keduakalinya, sebelumnya periode Januari 2017. Saat ini Repository IPB telah mengoleksi 75.010 tulisan karya ilmiah. Terdapat 40.773 judul skripsi, 12.495 judul tesis, dan 3.244 judul disertasi yang dapat diakses melalui web resmi di repository.ipb.ac.id.

Pudji berharap, repository IPB ini tetap menjadi web nomor satu, paling tidak di Asia Tenggara. “Ke depan, kami akan terus meningkatkan sosialisasi kepada sivitas agar mereka paham tentang hal-hal yang mempengaruhi peringkat repository dan mengimplementasikannya,” ungkapnya.

Peringkat ini diterbitkan oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok peneliti dari Dewan Peneliti Nasional Spanyol yang berlokasi di Madrid. Sampai saat ini, pemeringkatan telah mencakup lebih dari 24 ribu institusi yang dimulai sejak tahun 2004 selalu diperbarui setiap Januari dan Juli. (IK-SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *