Selasa , 24 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Ribuan Mahasiswa Baru IPB Jalur SNMPTN Lakukan Registrasi
mahasiswa-baru-ipb-registrasi
Mahasiswa baru IPB jalur SNMPTN lakukan registrasi (foto: IPB)

Ribuan Mahasiswa Baru IPB Jalur SNMPTN Lakukan Registrasi

Edupost.id, Bogor – Sekitar 2.300 calon mahasiswa baru Institut Pertanian Bogor (IPB) yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melakukan registrasi masuk hingga hari ini (2/6). Kegiatan registrasi yang berlangsung sejak Senin lalu (30/5) ini diadakan di Graha Widya Wisuda (GWW) kampus IPB Darmaga Bogor.

Baca: UTM IPB 2016, Pendaftaran Dibuka hingga 9 juni

SNMPTN merupakan sistem penyaringan mahasiswa baru dengan menggunakan nilai raport yang diperoleh siswa selama berada di SMA/SMK/MA dan sederajat. Sistem ini mengharuskan pendaftar melakukan pendaftaran di situs www.snmptn.ac.id. Selanjutnya masing-masing PTN melakukan seleksi untuk menetapkan calon mahasiswanya.

Persaingan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN untuk memenangkan bangku kuliah di IPB terbilang ketat. Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB, Yonny Koesmaryono menyebutkan, kuota SNMPTN tahun ini sekitar 40 persen dari kuota daya tampung setiap Program Studi (Prodi) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Penerimaan melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebesar 40 persen, dan jalur mandiri sebesar 20 persen. Kuota penerimaan mahasiswa IPB untuk tahun 2016 adalah sekitar 3.700 mahasiswa. Angka tersebut disesuaikan dengan jumlah kapasitas asrama mahasiswa Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU).

“Mahasiswa tingkat satu wajib masuk asrama, jadi harus disesuaikan dengan jumlah kamar di asrama,” ujarnya. (IK-SS)

Baca juga: Mahasiswa IPB Ciptakan Del’covy, Kreasi Teri Medan

Check Also

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Pengembangan Karir Pra Wisuda IPB

Edupost.ID- Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni (DPKHA) Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar “Studium Generale …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *