Selasa , 24 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Robot Karya Mahasiswa ITB Piawai Bermain Angklung

Robot Karya Mahasiswa ITB Piawai Bermain Angklung

JAKARTA- Tim Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) membuat sebuah inovasi yang memadukan seni dan teknologi. Mereka menciptakan Klungbot, sebuah robot yang piawai memainkan alat musik tradisional angklung. Bahkan, mereka juga merancang robot lainnya yang mampu memainkan alat musik carumba dan simbal.

Tim mahasiswa itu terdiri dari Nugroho Hari Wibowo, Nova Mahendra Putra, Sigit Yudanto, Rafid Fikri, Andyaningrum Fauziah, Hilmy Hanif, Nadya Komara Putri dan Adam Yanuro.

Delapan mahasiswa ITB ini ingin ikut melestarikan alat musik tradisional melalui Ansambel Robot Musik Tradisional yang mereka ciptakan. Selain Klungbot, tim mahasiswa ini juga membuat robot V Rumba dan Cymbot.

Mereka mendisain robot-robot tersebut agar bisa memainkan aransemen lagu menggunakan alat-alat musik tradisional secara otomatis ataupun dengan memasukkan keyboard atau sensor kinect.

Klungbot dibuat sejak tahun 2010 lalu. Sejak itu, tim mahasiswa dari jurusan Teknik Fisika tersebut mengembangkan proyek Ansambel Robot Musik Tradisional dengan merancang V Rumba (April-September 2014) dan Cymbot (September-November 2014).

Dalam proses pengerjaan proyek, mereka mendapat bimbingan dari Eko Mursito Budo. Dosen Teknik Fisika ITB ini telah membuat empat paten untuk angklung robot dan analisis akustik angklung.

Tim mahasiswa ini berharap, inovasi mereka yang diikutsertakan dalam ITB Innovation Move itu dapat menjawab kesulitan seniman dalam mengajarkan aransemen angklung. Selain itu, mereka juga ingin memperkenalkan alat musik tradisional Jawa Barat selain angklung. (EI/IK)

Check Also

oxford-university

Kampus Luar Negeri yang Diakui Dikti

Edupost.id – Menempuh pendidikan di luar negeri menjadi salah satu pilihan yang diambil sebagian orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *