Sabtu , 19 Agustus 2017
Home / Kabar Kampus / Rumah Sakit UI Hadirkan Layanan Kesehatan & Pendidikan
seminar rsui
Rektor UI (batik coklat) saat mengunjungi proyek RSUI. (foto : humasUI)

Rumah Sakit UI Hadirkan Layanan Kesehatan & Pendidikan

Depok – Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) menggelar Seminar dan Lokakarya Nasional bertajuk “Pelayanan Kesehatan Primer di RS Pendidikan Utama : Implementasi PP 93 Tahun 2015” pada Kamis (20/4) di Auditorium Rumpun Ilmu Kesehatan UI kampus Depok. Bersamaan dengan kegiatan Semiloka, dilaksanakan pula kunjungan ke proyek RSUI dimana saat ini progres pengerjaan bangunan fisik RSUI telah mencapai 92 persen dan RSUI diperkirakan akan mulai beroperasi pada awal tahun 2018.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Jenderal Sumber Daya dan Iptek Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Ali Gufron Mukti; Rektor UI Muhammad Anis; Perwakilan dari Japan Internatonal Cooperation Agency (JICA) – Fitri Arifin; President Unica International Cooperation – Tatsuhiro Hayashi; Fasli Jalal ; Direktur RSUI Julianto Witjaksono serta video keynote speech oleh Menteri Kesehatan RI Nila Djuwita F. Moeloek; dan Menteri PPN/Kepala Bappenas RI Bambang P.S Brojonegoro.

Dalam keynote speech-nya, Bambang menyampaikan, “RS Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN) memiliki peran yang strategis untuk mendukung tercapainya SDG’s (pelayanan kesehatan yang berkualitas).”

Anis menambahkan, “UI memiliki beragam keilmuan diantaranya Rumpun Ilmu Kesehatan yang menghasilkan SDM tenaga kesehatan yang berkualitas dan turut membantu pemerintah membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang sehat.” Diharapkan RSUI dapat menjadi Rumah Sakit yang memberikan pelayanan kesehatan namun juga turut menjadi lokomotif RS Pendidikan di Indonesia yang produktif menghasilkan riset bidang kedokteran dan kesehatan yang valid dan berkualitas.

RSUI merupakan RS-PTN pertama di Indonesia yang mempunyai konsep dan rancang bangun sebagai fasilitas pelayanan kesehatan satu atap (One Stop Health Services), mulai dari pelayanan primer, sekunder hingga pelayanan unggulan. Sebagai Rumah sakit pendidikan pertama di Indonesia yang mengakomodasi konsep patient safety serta berakreditasi internasional, RSUI akan berperan sebagai pengampu bagi rumah sakit dan puskesmas di wilayah Kota Depok dan sekitarnya untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang terintegrasi. Kolaborasi penyelenggaraan pelayanan, pendidikan dan penelitian menjadi visi RSUI untuk menjadi menjadi rumah sakit berkelas dunia pada 2025.

RSUI mempersiapkan pembentukan berbagai pusat pendidikan – penelitian (research institute) yang akan menjadi cikal bakal suatu pelayanan unggulan. RSUI memiliki peralatan medis terkini (state of the art of medical equipments) untuk menyelenggarakan penelitian klinik, penelitian operasional dan penelitian biomedik yang akan melahirkan inovasi dalam deteksi dini penyakit, pengobatan, perawatan, dan pemulihan kesehatan. (RDA/E)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *