Selasa , 24 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Sambut Otomasi Industri, Hima Elektro UNY Gelar Seminar

Sambut Otomasi Industri, Hima Elektro UNY Gelar Seminar

Edupost.ID, Yogyakarta – Dalam rangka menyongsong program otomasi industri di Indonesia, Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) menggelar Seminar Otomasi Industri pada Minggu (24/5) di Fakultas Teknik UNY.

Ketua panitia seminar, Nurdiansyah Prabowo mengatakan, di masa depan di Indonesia akan diterapkan sistem otomasi industri. Sistem ini, menurut Nurdiansyah, akan menciptakan efisiensi waktu maupun anggaran dalam bidang industri.

“Mesin akan menggantikan tenaga manusia. Bahkan, mesin tidak akan lagi membutuhkan jasa mnanusia sebagai operator. Semuanya otomatis,” terangnya. Ia melanjutkan, sistem ini akan lebih efisien dari sisi anggaran dan waktu.

“Karena otomatis, jadi tidak membutuhkan banyak jasa manusia, sehingga tidak perlu banyak membayar gaji pegawai. Selain itu, mesin akan dapat bekerja lebih cepat secara otomatis,” ujarnya.
Namun, demikian, menurutnya saat ini Indonesia masih dalam tahap pengembangan ke arah otomasi industri. Di beberapa daerah di Indonesia, menurutnya sudah mulai digunakan mesin otomatis yang sederhana.

Hadir sebagai pembicara dalam seminar ini adalah Ir. Ignatius Warsito, dari Kemeterian Perindustrian, dan Ir. Suhada, M.Ba., dari Persatuan insinyur Indonesia. Seminar ini terbuka untuk umum dan diikuti oleh lebih dari 100 peserta. (Andi)

Check Also

Indonesia Bergejolak, BEM SI Gelar Musyawarah Nasional

Indonesia Bergejolak, BEM SI Gelar Musyawarah Nasional

Edupost.ID – Pasca kisruh dan mandeknya tuntutan aksi bela rakyat 121 yang diselenggarakan di 19 …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *