Rabu , 18 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Sambut Ramadhan, Masjid UIN Gelar Festifal RBJ

Sambut Ramadhan, Masjid UIN Gelar Festifal RBJ

Edupost.ID – dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan tahun ini, Takmir Masjid Sunan Kalijaga UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menggelar Festival Ramadhan Bil Jamiah (RBJ). Acara festival ini diawali dengan menggelar lomba-lomba keagamaan tingkat nasional di komplek Masjid Sunan Kalijaga, Minggu (31/5).

Ketua panitia RBJ, Isna Nur Saifudin menyebutkan ada 4 jenis lomba yang digelar. Lomba-lomba ini meliputi MTQ tingkat nasional, melukis kaligrafi tingkat nasional, da’i pelajar SMA/sederajat tingkat DIY- Jateng, dan lomba tahfidz SD/ sederajat.

“Untuk MTQ ada 30 peserta, kaligrafi 40 peserta, da’I ada 20 peserta, dan tahfidz ada 36 peserta”, ungkap Isna kepada Edupost.ID di ruang Takmir Masjid Sunan Kalijaga, Minggu (31/5) pagi. Isna menambahkan, peserta lomba berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Untuk MTQ, lanjut Isna ada yang berasal dari NTB, dan Medan. Kebanyakan dari para peserta adalah orang-orang dari berbagai daerah yang tengah menjalani masa studi di Yogyakarta.

Isna menambahkan, lomba-lomba yang digelarnya dapat diikuti tidak hanya oleh orang dewasa, tetapi juga dari kalangan usia anak dan usia remaja. Bahkan, khusus untuk tahfidz hanya diperuntukkan untuk usia SD.

Untuk tahfidz, kami sengaja menjaring peserta dari anak SD, dengan harapan membiasakan anak membaca Al Quran sejak usia dini. Selain itu, Isna juga menyebutkan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kemampuan dan keseriusan para remaja untuk berkreativitas dalam bidang keagamaan seperti bidang kaligrafi, da’wah, maupun MTQ.

Lomba yang digelarnya akan memperebutkan hadiah menarik dari panitia. Selain tropi dan pendaftaran bagi para juara masing-masing lomba, panitia juga menyediakan uang pembinaan dengan total 5,3 juta rupiah. (Andi)

Check Also

Cara Mengajarkan Anak Membaca Jam

Cara Mengajarkan Anak Membaca Jam

Edupost.id – Kemampuan membaca jam atau mengerti tentang konsep waktu merupakan salah satu hal penting …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *