Jumat , 20 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Sampel Laboratorium Tak Tertukar Berkat Medscupe Karya Unair
Sampel-Laboratorium-Tak-Tertukar-Berkat-Medscupe-Karya-Unair
Medscupe, karya mahasiswa Unair (foto: Unair)

Sampel Laboratorium Tak Tertukar Berkat Medscupe Karya Unair

Edupost.id – Mahasiswa Unair membuat terobosan dalam bidang Kedokteran melalui penemuannya yang dinamai Medscupe, Mesin Ergonomis Pencegah Sampel Tertukar di Rumah Sakit. Penemuan mereka itu dilatarbelakangi banyaknya kasus yang terjadi di rumah sakit diantaranya; malpraktik, sampel uji tertukar, tidak valid, dan hasil uji lab yang lama tersampaikan, bahkan hilang.

Tim Unair tersebut terdiri dari Mokhammad Dedy Batomi (Otomasi Sistem Instrumentasi 2013), dengan anggota Mokhammad Deny Basri (Otomasi Sistem Instrumentasi 2013), Masunatul Ubudiyah (Keperawatan 2013), Pratama Bagus Baharsyah (Otomasi Sistem Instrumentasi 2013), dan Sucowati Dwi Jatis (Keperawatan 2014).

Dedi menyebutkan, penelitian mereka diberi judul “MEDSCUPE: (Medical Specimens Cube Shipper) Alat Ergonomis Pengirim Dan Direct Labelling Spesimen Pasien Berbasis Pengolahan Citra Solusi Kasus Malpraktek Sampel Tertukar Di Laboratorium Medis”.

Ia menjelaskan, Medscupe (Medical Specimens Cube Shipper) merupakan alat yang mempunyai sistem kendali dan kontrol spesimen berbasis pengolahan citra warna. Alat itu meningkatkan efisiensi proses pelabelan maupun pengiriman spesimen pasien ke laboratorium, sehingga meminimalisir terjadinya kasus malpraktik sampel tertukar di laboratorium medis.

Efisiensi Medscupe terletak pada bagian pipa terakhir yang berhenti di ruang Lab medis rumah sakit. Medscupe memberikan percabangan otomatis yang memiliki kamera scanning citra solusi dan slot khusus pemisah sesuai warna yang dideteksi. Dengan demikian, specimen dengan cepat akan terklasifikasi dan sampai di tempat analisis jenis specimen masing-masing dengan tepat.

“Saya berharap alat ini nanti bisa dipatenkan dan terlebih bisa digunakan di pelayanan kesehatan, dan juga semoga PKM KC ini mempu menembus PIMNAS dan pulang membawa juara untuk Universitas Airlangga,” terangnya. (Unair/ IK-SS)

Check Also

Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

Mahasiswa UNS Ciptakan Aplikasi Bimbingan Belajar Cariles

Edupost.ID- Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, berhasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *