Senin , 23 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / SBMPTN 2015, UNJ Terima 280 Mahasiswa Program Bidik Misi

SBMPTN 2015, UNJ Terima 280 Mahasiswa Program Bidik Misi

JAKARTA – Tahun ini Universitas Negeri Jakarta (UNJ) akan menerima 280 mahasiswa baru yang dinyatakan lulus Program Bidik Misi melalui Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“Program Bidik Misi memberikan bantuan biaya pendidikan dan bantuan biaya hidup selama menjadi mahasiswa,” terang Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Prof. Dr. Djaali di ruang kerjanya di Jakarta, Kamis.

Djaali menyampaikan, program Bidik Misi adalah program yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi akademik yang memadai.

Pembayaran kuliah melalui bidik misi hanya dengan menunjukkan penghasilan orang tua. “Calon mahasiswa datang dan cukup menunjukkan slip gaji dari orang tua nanti pembayaran kuliahnya akan disesuaikan,” tuturnya.

Selanjutnya, mahasiswa yang lulus bidik misi harus datang dan mendaftar ulang.

Djaali juga menjelaskan bahwa UNJ menerima 1.257 mahasiswa baru dari jalur SBMPTN, melebihi dari kuota yang ditentukan, yakni 1.200 orang.

Menurutnya, hal ini karena pada saat ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), calon mahasiswa yang mendaftar tidak mencapai kuota yang diharapkan.

“Kuota saat SNMPTN 2.100 orang namun yang daftar hanya 1.400 orang, makanya saat SBMPTN kami tambah,” pungkasnya.

Ia menambahkan, meskipun kekurangan kuota itu sudah ditutupi namun masih kurang, karena itu pihaknya akan mensubtitusi lagi dengan seleksi dari jalur mandiri. (ANT/IL-SS)

Check Also

kucing tuntun pulang pendaki tersesat di swiss

Delapan Alasan Menarik Pelihara Kucing

Edupost.ID- Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling banyak dipilih menjadi sahabat di rumah. …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *