Jumat , 26 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Sebelas Finalis Mapres UGM Berebut Tiket ke Tingkat Nasional di Super Camp 2
Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo menerima plakat penghargaan usai menjadi pembicara talkshow pada Super Camp 2.

Sebelas Finalis Mapres UGM Berebut Tiket ke Tingkat Nasional di Super Camp 2

Edupost.ID, Yogyakarta – Universitas Gadjah Mada (UGM) Sabtu (9/4) menggelar Super Camp 2 Grand Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi UGM tahun 2016, bertempat di Grha Sabha Pramana UGM. Sebanyak 11 finalis dari siap bersaing memperebutkan tiket untuk mewakili UGM dalam pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional.

Ketua Panitia, Muhammad Rizki menjelaskan bahwa acara yang berlangsung dari pagi hingga malam nanti, akan memilih satu mahasiswa dari program studi S1 dan satu mahasiswa dari Sekolah Vokasi untuk mewakili UGM dalam kompetisi mahasiswa berprestasi tingkat nasional.

”Dari empat pemenang tadi, ada dua delegasi yang akan mewakili UGM berkompetisi di pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional, satu dari program sarjana dan satunya lagi dari sekolah,” ujarnya Sabtu (9/4).

Ditambahkan Rizki, menjelang tahapan akhir dari rangkaian seleksi ini, 11 kandidat mahasiswa berprestasi dibekali dengan kemampuan-kemampuan penting dalam public speaking, penulisan karya tulis ilmiah, serta kemampuan bahasa inggris melalui pelatihan yang diadakan pada tanggal 5, 12, dan 19 Maret serta pada tanggal 2 April yang lalu.

“Kami berusaha memfasilitasi para kandidat mahasiswa berprestasi dengan pelatihan-pelatihan yang diampu oleh pembicara-pembicara mumpuni. Untuk pelatihan public speaking, misalnya, kami mengundang Bapak Suryo Baskoro dan Ibu Iva Ariani, kepala Humas dan Protokol UGM,” ujarnya.

Kesebelas finalis mahasiswa berprestasi UGM 2016 yaitu Alwan Hafizh, Andy Aulia Prahardika, Risqika Edni Doni Achsan, Andreas Gandhi H.P., dan Hibran S. Maksum, kelimanya dari Fakultas Teknik, Layung sekar sih Wikanthi dari Fakultas Farmasi, Santika Nindya HW dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Yoesep Budianto dari Fakultas Geografi, Lintang Sagoro dari Fakultas Kedokteran, serta Aulia Rizka Setiarto dan Fety Andrianing Yuliani dari Sekolah Vokasi.

Pada babak grand final ini, para finalis mempresentasikan karya tulis ilmiahnya di hadapan para juri serta ratusan penonton di Gedung Grha Sabha Pramana UGM Lantai 1. Selain presentasi para kandidat mahasiswa berprestasi juga diuji kemampuan berbahasa Inggris. Dewan juri memberikan sebuah kasus untuk dianalisis. Kemudian para finalis harus memberikan analisis penyelesaian kasus itu dalam bahasa Inggris.

Sebelum seleksi final berlangsung, terlebih dahulu digelar Talkshow yang menghadirkan pembicara Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo. Pada kesempatan itu,  Hasto membagikan ilmu dan pengalamannya selama menempuh pendidikan dokter dan juga karirnya sebagai kepala daerah yang sudah berjalan selama empat tahun. Talkshow ini dimoderatori oleh Dyah Savitri Pritadrajati, awardee LPDP PK-050 yang juga merupakan finalis mahasiswa berprestasi UGM pada tahun 2014.

Tidak hanya itu, acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan dari Sanggar Kesenian Aceh (SAKA) UGM, Paduan Suara Mahasiswa (PSM) UGM, Stand-up Comedy UGM, serta diramaikan oleh stan-stan dari berbagai komunitas serta kelompok studi yang ada di UGM.

Kegiatan pemilihan mahasiswa berprestasi UGM yang dihelat setiap tahun ini sendiri memiliki tujuan untuk memberikan dorongan kepada para mahasiswa-mahasiswa UGM agar terus berprestasi dan memiliki semangat untuk mengukir karya-karya yang berguna bagi bangsa dan negara. “Harapannya, acara ini agar dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa UGM untuk terus berprestasi dan memiliki karya nyata,” tutup Rizki. (andi)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN Masih Dibuka hingga 9 Mei

Edupost.id – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih dibuka hingga besok, 9 Mei …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *