Kamis , 21 September 2017
Home / Kabar Kampus / Sekolah Kebangsaan UGM Tanamkan Nilai Karakter ke Masyarakat

Sekolah Kebangsaan UGM Tanamkan Nilai Karakter ke Masyarakat

YOGYAKARTA – Bulan Juni mendatang, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta akan mengesahkan sekolah kebangsaan yang didirikan untuk menanamkankan nasionalisme serta semangat bela negara masyarakat.

Suratman, selaku Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UGM Yogyakarta mengungkapkan, sekolah kebangsaan ini dirintis untuk menanamkan nilai positif kepada masyarakat.

“Akan kami buat agar nilai-nilai karakter kebangsaan dapat diketahui oleh masyarakat,” ucapnya, dilansir ROL.

Suratman menjelaskan, materi yang akan disampaikan dalam sekolah kebangsaan meliputi ekonomi kreatif dengan sasaran kemandirian masyarakat secara ekonomi.

Suratman menyampaikan, saat ini kurikulum pengajarannya masih disusun oleh tim perumus sekolah kebangsaan. Ia menargetkan sekolah kebangsaan akan dilaksanakan pada Juli 2015.

“Paket kurikulumnya masih kami desain karena idenya baru saja muncul. Kami targetkan Juli 2015 menjelang 17 Agustus sudah bisa diadakan,” jelasnya.

Ia menyebutkan, materi sekolah kebangsaan bisa dikuasai seluruh civitas akademika UGM mulai mahasiswa, dosen, serta anggota Keluarga Besar Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama).

“Semua komponen keluarga UGM dapat mengajarkan, yang penting metodenya kami samakan,” ucapnya.

Suratman mengungkapkan,degradasi nasionalisme yang terjadi saat ini perlu diminimalisir dengan metode pendidikan yang bisadiajarkan secara langsung di lingkungan masyarakat.

“Bisa di pasar, mal, disampaikan melalui kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa, serta dosen di kampung masing-masing,” paparnya.

Check Also

Bandung-Masagi-Pendidikan-Karakter-Terbaru-di-Sekolah

Bandung Masagi, Pendidikan Karakter Terbaru di Sekolah

Edupost.id – Bandung Masagi merupakan model pendidikan karakter terbaru di sekolah yang dirumuskan Dinas Pendidikan Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *