Rabu , 28 Juni 2017
Home / Kabar Kampus / Sekolah Siaga IPB Siap Edukasi Masyarakat Bogor
Sekolah siaga ipb
IPB gagas Sekolah Siaga bagi warga Bogor

Sekolah Siaga IPB Siap Edukasi Masyarakat Bogor

Edupost.id – Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK) Fakultas Ekologi Manusia (Fema) Institut Pertanian Bogor (IPB) saat ini tengah menggiatkan program Sekolah Siaga. Kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan kepada keluarga-keluarga utamanya adalah keluarga yang masih memiliki anak balita. Lokasi Sekolah Siaga ini berada di Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor yang merupakan lokasi pilot project kegiatan ini.

Sekretaris Departemen IKK Fema IPB, Tin Herawati mengatakan kegiatan yang digagasnya ini sebagai respon dari masih banyakya para orangtua yang tidak mengerti pola pengasuhan yang benar maupun fungsi keluarga. “Kami masih melakukan try and error dari model-model pendidikan pola asuh yang ada. Materi Sekolah Siaga dibagi menjadi Ilmu Keluarga, Ilmu Anak dan Ilmu Konsumen,” ujarnya.

Di Kelurahan Situ Gede, dilakukan ujicoba kepada 20 orang ibu rumah tangga. Dengan kegiatan sekolah dilakukan selama tiga bulan. Dalam mengisi Sekolah Siaga ini, secara bergiliran dilakukan oleh dosen-dosen IPB dengan dibantu tiga mahasiswa untuk menstimulasi anak-anak. Sekolah siaga dilakukan sekali dalam sepekan.

“Dua puluh orang ibu yang mengikuti Sekolah Siaga merespon positif kegiatan ini. Malah diantara mereka sudah ada yang mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini juga diapresiasi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Situ Gede,” ungkap Dr. Tin.

Sekolah Siaga ini, terangnya, merupakan kegiatan yang sejalan dengan harapan Program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang diinginkan oleh Pemerintah Kota Bogor. “Ibu Walikota Bogor sedang merencanakan sekolah yang mirip dengan Sekolah Siaga, yaitu Sekolah Ibu,” pungkasnya. (dh)

Check Also

IPB Kab Pinrang

IPB Siap Bantu Kembangkan Potensi Kabupaten Pinrang

Edupost.id – Bogor, Institut Pertanian Bogor (IPB) siap kembangkan 15 judul Memorandum of Agreement (MoA)  …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *