Rabu , 20 September 2017
Home / Kabar Kampus / Sembilan Universitas Diminta KPU, Mengadakan Kelas Tata Kelola Pemilu

Sembilan Universitas Diminta KPU, Mengadakan Kelas Tata Kelola Pemilu

PADANG- Tahun ini, Sembilan perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia diplih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengadakan kelas khusus bidang Tata Kelola Pemilihan Umum (Pemilu). Tujuan pembukaan kelas khusus ini ialah untuk mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dalam hal pengelolaan pemilu sehingga tercipta pemilu yang bersih dan adil.

Kesembilan PTN yang dipilih KPU tersebut yakni UI Jakarta, UGM Yogyakarta, Unpad Bandung, Unair Surabaya, Unsrat Manado, Unand Padang, Unila Lampung, Univ Nusa Cendana Kupang, dan Uncen Jayapura.

Rektor Universitas Andalas (Unand) Padang, Werry Darta Taifur menyampaikan, kelas tersebut akan dilaksanakan di setiap Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di kesembilan PTN yang dipilih KPU.

“Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dari masing-masing universitas akan membuka kelas khusus Tata Kelola Pemilu ini,” ujarnya, dilansir ROL.

Nantinya, setiap PTN diminta membuat pelatihan, pengajaran hingga pembinaan terkait tata kelola Pemilu dengan bekerja sama KPU.

“Pembukaan kelas khusus tata kelola pemilu ini merupakan gagasan dari KPU dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapabilitas pelaksana Pemilu,” ujarnya.

Secara terpisah, Ketua KPU Husni Kamil Manik menerangkan, pembukaan kelas tata kelola Pemilu ini merupakan bentuk kerja sama KPU dengan perguruan tinggi yang berkompeten.

Husni menuturkan, kualitas pemilu di Indonesia perlu ditingkatkan dari tahun ke tahun. Kemajuan tersebut, tambahnya, akan terwujud jika SDM pelaksana pemilu yang ada memiliki kualitas dan kapabilitas yang baik.

(EI/IK)

Check Also

Universitas Pertamina

Universitas Pertamina Tumbuhkan Pemahaman Teknologi Siswa SMA

Edupost.id – Pesatnya perkembangan teknologi informasi di masyarakat saat ini, Universitas Pertamina melalui slogannya, “Be …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *