Kamis , 29 Juni 2017
Home / Kabar Kampus / Seminar Travelling Photo di UIN Ulas “Hello from the Past”

Seminar Travelling Photo di UIN Ulas “Hello from the Past”

Edupost.ID – Seminar bertajuk Travelling Photo digelar di Interactive Center Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.  Seminar yang dihadiri 100 peserta dari kalangan mahasiswa ini diisi oleh Munir, seorang fotografer profesional. Acara yang dihelat forum komunitas komunikasi ini mengangkat tema “Hello From The Past”.

Ketua Panitia, Rahmat Sholeh menjelaskan, acara ini merupakan bagian dari Welcoming Expo yang diadakan sejak 28 September dan akan berakhir pada 1 Oktober mendatang. Tanggal 28 hingga 30 akan diisi dengan seminar, sedangkan tanggal 1 diisi dengan sesi sharing alumni.

“Kenapa temanya Hello from the Past, karena kami pengin nunjukin alat komunikasi dari masa ke masa,” ujarnya. Selanjutnya ia menjelaskan bahwa komunikasi berproses. Alat komunikasi misalnya, dulunya berupa radio kemudian berkembang sampai menjadi smartphone seperti sekarang.

Dalam seminar yang dibawakan dengan santai ini, Munir menjelaskan tentang kisah suksesnya yang berawal dari media sosial. Foto pertama yang dibeli perusahaan adalah foto Tugu Jogja yang diunggah di Facebook. Dari publikasinya di media sosial, karyanya dikenal masyarakat.

Munir pernah mengunggah beberapa foto di FB dengan caption atau penjelasan rinci mengenai foto tersebut, antara lain ISO, diafragma, timing, model, dan seterusnya. Kemudian perusahaan Samsung tertarik. Munir diberi kamera Samsung baru untuk di-review.

Modal yang ia punya adalah hobinya (travelling), kemampuan fotografi, dan rajin posting karya di media sosial. Ia merasa bahagia karena hobinya dibayar.

Salah satu yang ia jadikan contoh adalah saat berburu foto adat lempar kelapa muda di suatu daerah di Indonesia. Munir hanya menghabiskan waktu sekitar 2 jam, namun dibayar 3 juta. Foto yang ia buat di-kolase-kan, diberi caption, kemudian dikirim ke media.

Selain itu, ia membagikan banyak tips fotografi pada peserta. Terutama bagi yang hobi travelling. Ia memotivasi mahasiswa bahwa banyak cara untuk jalan-jalan gratis. Namun pangkal dari semuanya adalah berani mengunggah karya ke media sosial. (Nurfi)

Check Also

Beasiswa S2 di Berbagai Universitas Belgia

Edupost.id – Penawaran beasiswa internasional dari Vlir-Uos bagi pelajar di Asia, Afrika, dan Amerika Latin, termasuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *