Selasa , 17 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Sepatu Kaos Kaki yang Gaya dan Praktis Karya UNY
Sepatu Kaos Kaki yang Gaya dan Praktis Karya UNY
Sepatu Kaos Kaki yang Gaya dan Praktis Karya UNY (foto: UNY)

Sepatu Kaos Kaki yang Gaya dan Praktis Karya UNY

Edupost.id – Padatnya aktivitas dan kesibukan di tempat kerja atau sekolah menuntut setiap orang harus pintar mengatur waktu. Hal itulah yang melatarbelakangi sejumlah mahasiswa UNY membuat inovasi dengan menggabungkan sepatu sekaligus kaos kaki dalam satu produk yang praktis dan gaya. Produk temuan mereka diberi nama Sekoka (Sepatu Kaos Kaki).

Tim UNY itu terdiri dari Revika Niza Artiyana dan Ridwan Budiyanto dari prodi PGSD serta Muhammad Lutfi Hendrato prodi Kebijakan Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan, Amra Ulvita Azhiin prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Sarah Nur Hidayah prodi Pendidikan Teknik Busana Fakultas Teknik

Ketua kelompok, Revika Niza Artiyana menuturkan, sekoka merupakan inovasi baru dalam perkembangan sepatu. “Sekoka memiliki desain kreatif dalam mengemas kaos kaki di dalam sepatu secara rapi, mudah dipakai, dan dengan tampilan stylish. Selain itu, juga mudah dalam ketika dilepas untuk dicuci atau dibersihkan,” ungkapnya

Ridwan Budiyanto menambahkan bahwa keunggulan dari produk ini dibandingkan produk sepatu yang lain yaitu efektifitas dalam pemakaian dimana desain sepatu menyatu dengan kaos kaki. Tampilannya cukup menarik, praktis, nyaman digunakan dan mudah dilepas karena kaos kaki tidak didesain permanen. “Selain itu, style dan corak sepatu juga memiliki unsur seni budaya kain lurik. Hal ini sebagai upaya mempertahankan kebudayaan yang nyaris tergeser dengan produk-produk modern,” terangnya.

Produk Sekoka memiliki potensi untuk mempertahankan budaya kain lurik karena dapat didesain menggunakan bahan kain pada bagian luarnya, sehingga menampilkan kesan etnik yang dikemas modis. Kualitas produk sekoka akan selalu dijamin demi kepuasan para konsumen.Sarah Nur Hidayah menjelaskan bahwa alur produksi wirausaha sekoka diawali dengan persiapan bahan-bahan, bahan mentah maupun setengah jadi.

“Dilanjutkan dengan pembuatan desain dan pola sekoka sambil melakukan treatment bahan seperti yang dibutuhkan pada desain dan pola yang dibuat,” jelasnya. Kemudian dilanjutkan dengan finishing semua bahan untuk memastikan bahwa bahan telah memenuhi permintaan desain maupun pola yang telah dibuat. Setelah itu, tahap penjahitan dan perakitan sekoka sesuai desain yang ada. Dan yang terakhir adalah pemasangan merk, aksesoris, dan pengemasan secara menarik. Kreativitas para mahasiswa tersebut membuahkan hasil dengan meraih dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Kewirausahaan tahun 2016. (UNY/ IK-SS)

Check Also

Cegah Penyakit Kulit dengan Karpet Pintar Inovasi UNY

Cegah Penyakit Kulit dengan Karpet Pintar Inovasi UNY

Edupost.id – Terkena penyakit kulit tentu sangat mengganggu. Penyakit ini bisa disebabkan karena lingkungan yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *