Jumat , 25 Mei 2018
Home / Kabar Kampus / Sepeda Listrik UNY Jadi Solusi Transportasi Para Pedagang Pasar

Sepeda Listrik UNY Jadi Solusi Transportasi Para Pedagang Pasar

JAKARTA- Sejumlah dosen yang berkecimpung di Pusat Pemberdayaan Iptek (Pusdatek) Fakultas Teknik (FT) UNY bersama para mahasiswa berhasil menciptakan sebuah sepeda angkut elektrik serbaguna. Penemuan ini diharapkan bisa membantu penyediaan sarana transportasi perdagangan di wilayah sempit.

Salah satu mahasiswa yang terlibat proyek itu, Bagus Tri Sugiarto menerangkan, sepeda rancangan mereka cukup ramah lingkungan karena menggunakan listrik sebagai bahan bakar.

“Sepeda listrik niaga ini dilengkapi bak berukuran 100×90 sentimeter (cm) dan tinggi 30 cm,” ujar Bagus, seperti dilansir laman UNY.

Saat proses pembuatannya, Bagus menyampaikan, setiap anggota tim diberi tugas masing-masing sesuai keahlian. Mereka bertanggung jawab pada pembuatan body sepeda motor hingga pembuatan transmisi.

Sepeda niaga ini juga didisain mampu membawa muatan berat di tempat yang sempit. Bagus memaparkan, sepeda listrik buatan mereka mampu mengangkut beban hingga 500 kilogram (kg) dengan kecepatan maksimal 60 kilometer per jam.

“Melihat besaran kapasitas tersebut, kami optimistis sepeda itu mampu memberi kontribusi terhadap pedagang dalam segi transportasi,” ucapnya.

Tenaga penggerak sepeda listrik ini berasal dari baterai bertenaga 48 volt 32 Ah yang mampu bertahan sampai 60 km. Proses pengisian baterai menggunakan charger laptop selama tiga hingga empat jam.

Namun, lanjut Bagus, timnya berencana mengembangkan sistem pengisian daya yang lebih efisien. “Misalnya, men-charge baterai sembari sepeda digunakan,” katanya.

Bagus mengungkapkan, inovasi ini disambut baik kalangan pedagang. Karena itu, pihaknya berharap agar sepeda listrik tersebut segera diproduksi massal.

“Jika diproduksi dalam jumlah banyak, harga sepeda listrik ini bisa lebih murah. Saat ini satu unit dibanderol Rp25–30 juta,” tuturnya. (RR/IK)

Check Also

Orangtua-Wajib-Lapor-Pungli-Sekolah-ke-Kemdikbud

PPDB Terapkan Zonasi, Sekolah Favorit Siap-siap Tak Bisa Seleksi Siswa

Edupost.id – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 dengan sistem zonasi diprediksi membuat sekolah yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=