Kamis , 18 Januari 2018
Home / Kabar Kampus / Sepuluh Kampus Terhijau Dunia Versi UI GreenMetric 2017

Sepuluh Kampus Terhijau Dunia Versi UI GreenMetric 2017

Edupost.id – University of Wageningen menjadi Kampus Hijau Terbaik di dunia berdasarkan UI GreenMetricWorld University Ranking2017. Sementara peringkat kedua dan ketiga adalah University of Nottingham dan University of California, Davis.

Tahun ini, Ranking UI GreenMetric diikuti oleh 619 universitas dari 76 negara. Pengumuman hasil ranking 2017 dilakukan beberapa waktu lalu (11/12) di kampus UI Depok yang disaksikan Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kementrian Riset dan Teknologi RI, Muhammad DimyatiRektor UI Prof.Dr.Ir.Muhammad Anis, M.Met dan Ketua UI GreenMetric Prof. Riri Fitri Sari.

University of Wageningen meraih total skor 7,552.00 memiliki keunggulan sebagai salah satu universitas berbasis pertanian di Belanda yang mampu membawanya meraih predikat perguruan tinggi hijau terbaik nomor satu dunia. Universitas ini menerapkan unsur green dalam seluruh aspek perkuliahan dan penelitiannya.

University of Nottingham dengan total skor 7,464.00 menunjukkan keunggulannya pada pendidikan dan pengolahan sampah. Serta, kampus ini memiliki sejumlah inovasi untuk menghasilkanrenewable energy melalui Clean Biomass, Solar cell, Geothermal, Combine Heat and Power dan pengelolaan smart-eco building. Demikian pula halnya University of California, Davis dengan skor 7,365.00 yang meraih predikat ketiga merupakan universitas yang memiliki jurusan environmental science yang bereputasi tinggi serta sangat berkomitmen kuat untuk menjaga lingkungan kampusnya tetap asri.

UI GreenMetric merupakan lembaga pemeringkatan yang telah diterima sebagai anggota IREG Observatory (International Ranking Expert Group) secara resmi pada Konferensi IREG-6 bulan April 2012 di Taipei. Pemeringkatan UI GreenMetricof World University Rankings dilandasi oleh tiga filosofi dasar, yakni Environment, Economic, dan Equity (3’Es).

Beberapa perbaikan pada metodologi dan survei terus dilakukan oleh Tim UI GreenMetric guna menghasilkan pemeringkatan yang komprehensif, salah satunya dengan mengembangkan bobot indikator penilaian yang terdiri dari Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15%), Energi dan Perubahan Iklim (21%),Pengelolaan Sampah (18%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%), dan Pendidikan (18%). Tahun ini adalah pengumuman ke-sejak dimulainya pemeringkatan universitas sedunia berdasar kampus hijau pada 2010.

DAFTAR PERINGKAT 10 BESAR KAMPUS HIJAU DI DUNIA VERSI UI GREENMETRIC 2017

1. UNIVERSITY OF WAGENINGEN

2. UNIVERSITY OF NOTTINGHAM

3. UNIVERSITY OF CALIFORNIA, DAVIS

4.UNIVERSITY OF BRADFORD

5.NOTTINGHAM TRENT UNIVERSITY

6. UNIVERSITY OF OXFORD

7.UNIVERSITY OF CONNECTICUT

8. BANGOR UNIVERSITY

9.UNIVERSITY COLLEGE CORK

10.HOCHSCHULE TRIER – UMWELT-CAMPUS BIRKENFELD

Check Also

Universitas Indonesia (UI)

UI Jadi Tuan Rumah GIS Day Pertama di Indonesia

Edupost.id – UKM Kelompok Studi Geografi (KSG) UI berkolaborasi dengan Esri Indonesia dan Badan Informasi Geospasial …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *