Selasa , 25 April 2017
Home / Kabar Kampus / Serunya Belajar Sejarah dengan Visual Novel Mahasiswa UII

Serunya Belajar Sejarah dengan Visual Novel Mahasiswa UII

Edupost.ID – Minat mempelajari sejarah di kalangan generasi muda masih terbilang rendah. Pelajaran sejarah kerap dianggap sebagai pelajaran yang kurang menarik. Keprihatinan ini yang mendorong mahasiswa UII menciptakan media pembelajaran sejarah yang interaktif dalam bentuk visual novel.

Visual novel ialah perangkat lunak interaktif yang dapat dijalankan dengan komputer atau smart phone. Pada dasarnya visual novel adalah novel yang dikemas dalam bentuk permainan digital. Di dalamnya dapat diisi dengan cerita, gambar, dan suara yang melibatkan interaksi dengan pengguna.

“Saat ini pelajaran sejarah dianggap sebagai suatu hal yang kuno. Padahal menurut kami, yang kuno bukan pelajarannya namun kemasannya”, ucap M. Ali Isa, pencetus pengembangan visual novel tersebut, seperti dilansir laman UII.

Ali menilai, di Jepang sudah lazim digunakan media semacam ini untuk menyampaikan kisah sejarah sehingga belajar sejarah tetap menarik bagi generasi muda Jepang.

“Setiap tokoh dalam visual novel memiliki suara dan gambar yang mewakili karakternya. Ketika ada dialog, mereka akan saling berbicara. Setiap cerita juga memiliki setting latar yang dapat divisualisasikan dengan gambar”, ujarnya.

Kerja kerasnya selama lima bulan bersama rekan-rekannya membuahkan visual novel yang cukup menarik. “Untuk proyek awal, kami mengangkat kisah Sumpah Palapa dan Perang Sadeng yang terjadi pada 1331 M di era Kerajaan Majapahit. Tokoh-tokoh sejarah yang ada dalam cerita ini, seperti Patih Gajahmada, Ratu Tribhuana Tunggadewi, Ra Kembar”, jelasnya.

Untuk mengolah kisah ini, dibutuhkan usaha yang tidak mudah. “Kami harus mempersiapkan segalanya mulai dari naskah cerita, pengisian suara tokoh oleh dubber, dan visual art pendukung lainnya. Alhamdulillah kemarin dibantu juga oleh komunitas teater sehingga dapat selesai tepat waktu”, ucapnya.

Untuk menyiasati agar pengguna tidak bosan, di dalam Visual Novel ini diselipkan permainan interaktif. “Kami memilih game quiz di mana pada setiap babak ada pertanyaan seputar cerita yang harus dijawab pemain agar dapat melanjutkan cerita di babak berikutnya. Ke depan akan semakin dikembangkan”, ungkapnya.

Visual novel ini telah diujicobakan ke pelajar SMP dan SMA dan memperoleh tanggapan yang positif. “Rata-rata pelajar mengaku sangat tertarik dan jadi paham tentang kisah sejarah dalam cerita. Insyallah kami juga akan mengangkat kisah sejarah lain dalam visual novel, saat ini sedang mencoba kisah Roro Jonggrang”, terangnya. (IK-SS)

Check Also

Guru SMK Produktif Diberangkatkan ke Perancis

Belasan Guru SMK Produktif Diberangkatkan ke Perancis

Edupost.id – Sebanyak 16 guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan dua widyaiswara Pusat Pengembangan dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *