Jumat , 28 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Serunya Mainkan Angklung dengan Aplikasi Buatan IPB
Serunya-bermain-angklung-dengan-aplikasi-mahasiswa-IPB
Serunya bermain angklung dengan aplikasi buatan IPB (foto: IPB)

Serunya Mainkan Angklung dengan Aplikasi Buatan IPB

Edupost.id – Terinspirasi dari pertunjukan angklung interaktif di sanggar kesenian Saung Angklung Udjo, empat mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) menciptakan aplikasi bernama “Angklung Master”. Di aplikasi temuan IPB tersebut, pengunjung bisa memainkan angklung bersama-sama dengan arahan nada dari seorang dirigen angklung yang menggunakan hand sign.

“Angklung Master adalah aplikasi yang dapat membimbing pengguna untuk mempelajari hand sign angklung secara interaktif. Selain itu, dengan menggunakan Angklung Master, pengguna bisa memainkan lagu menggunakan angklung tanpa harus memiliki angklungnya secara fisik,” ungkap Khaidir Afif, mahasiswa Departemen Ilmu Komputer.

Tim IPB terdiri dari Devira Vrizal, Ivan Maulana Putra, Rivandi Anjas Putranto, dan Khaidir menciptakan aplikasi Angklung Master yang mampu menangkap gerakan tangan dari pengguna.

Aplikasi ini membutuhkan alat tambahan, yaitu Intel Real Sense yang berfungsi menangkap gerakan tangan dari pengguna.

“Aplikasi akan mencocokkan gerakan tangan pengguna dengan hand sign yang sesuai. Aplikasi akan mengeluarkan suara angklung sesuai dengan hand sign yang diberikan pengguna,” tuturnya.

Aplikasi ini merupakan salah satu bentuk pelestarian angklung dari segi teknologi Angklung Master nantinya akan dipublikasikan melalui web agar semua orang dapat mengunduhnya secara gratis.

Selain itu, Khaidir berharap aplikasi ini juga bisa meningkatkan daya tarik sanggar angklung. Dengan adanya aplikasi Angklung Master, diharapkan meningkatkan jumlah pengunjung sanggar-sanggar angklung tersebut. (IPB/ IK-SS)

 

Check Also

Achmad Solihin, Peraih Student AwardSchweighofer Prize 2017

Achmad Solihin, Peraih Student AwardSchweighofer Prize 2017

Edupost.id – Achmad Solikhin, mahasiswa Fakuktas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) memenangkan Student AwardSchweighofer Prize 2017, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *