Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Setelah Memanas, Konflik Mahasiswa Universitas Riau Kini Reda
Universitas Riau (UR)
Universitas Riau (UR)

Setelah Memanas, Konflik Mahasiswa Universitas Riau Kini Reda

Edupost.id – Setelah sempat memanas, konflik antara mahasiswa Fakultas Teknik (FT) dan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau (UR), akhirnya reda. Sebelumnya memang telah terjadi bentrokan antara mahasiswa dari kedua fakultas itu pada Kamis (5/10), saat berlangsung kegiatan konvoi mahasiswa teknik di areal komplek kampus FISIP UR.

Rektor UR, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, mengakui adanya insiden kericuhan mahasiswa di kampsnya pada Kamis (5/10) lalu. Kejadian itu terjadi karena adanya perkataan dan perbuatan sejumlah oknum mahasiswa dari Fakultas Teknik (FT) dan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UR yang sama-sama saling tersulut emosi.

“Kami selaku pimpinan universitas berharap kejadian ini tidak terulang lagi. Setakat ini, kita sudah mengadakan konsolidasi antar pimpinan universitas, fakultas, kelembagaan mahasiswa, dan mahasiswa UR. Universitas akan membentuk tim pencari fakta yang terdiri dari unsur Wakil Rektor, dan Wakil Dekan di Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, BEM, dan DPM,” jelas Aras.

Terkait kejadian ini, Dekan FT UR, Dr Ari Sandiafitri MSc, dan Dekan FISIP, Syafri Harto MSi, saling meminta maaf. Keduanya pun akhirnya sepakat untuk saling memaafkan dan siap untuk mendukung UR ke arah yang lebih baik.

“Kami segenap civitas akademika FT UR meminta maaf kepada civitas akademika FISIP UR, dan kepada almamater serta pihak-pihak yang penuh harapan besar kepada kami. Selaku perwakilan dari civitas akademika FT, kami siap untuk mendukung UR ke arah yang lebih baik,” ujar Ari.

Rektor UR juga menyebut, akibat dari situasi kericuhan tersebut, terjadi kerusakan beberapa fasilitas yang ada di lokasi kejadian, baik fasilitas universitas, pribadi, dan kelompok tertentu. Beberapa fasilitras itu yaitu satu pos keamanan, sejumlah papan bunga, dan kendaraan bermotor. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *