Kamis , 30 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Silvator Alat Pelubang Inovasi Mahasiswa IPB
Institut Pertanian Bogor (IPB)
Institut Pertanian Bogor (IPB)

Silvator Alat Pelubang Inovasi Mahasiswa IPB

Edupost.ID- Silvator sebuah alat pelubang tanah bermotor menorehkan prestasi pertamanya dengan terpilih sebagai peringkat pertama diantara 12 inovasi mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam kompetisi Tanoto Student Research Award 2016 tingkat IPB.

Silvator bersama dua inovasi mahasiswa IPB lainnya tergabung dalam juara 3 besar Tanoto Student Research Award tingkat IPB akan berkompetisi kembali dengan inovasi-inovasi mahasiswa lainnya dari enam perguruan tinggi di Indonesia dalam Tanoto Student Research Award 2017 tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Jakarta mendatang.

Tim Silvator diketuai oleh Bagas Adji Prabowo (mahasiswa Departemen Silvikultur, Fakultas Kehutanan) dengan anggota Wahyu Hartato serta Syifa Paxia Rinaldi (mahasiswa Departemen Silvikultur, Fakultas Kehutanan) serta Mu’minah Mustaqimah dan Hendi Okta Kurniawan (mahasiswa Departemen Teknik Mesin dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian) merancang Silvator dengan tuas pengatur ketinggian, sehingga hanya dengan memutar tuas, pengguna dapat  menurunkan dan menaikkan anuger pelubang dengan mudah.

Silvator dilengkapi dengan rangka yang mudah diubah dan membentuk sudut tertentu sehingga dapat digunakan dalam lahan datar dan lahan miring. Silvator mampu melakukan perlubangan hingga diameter 20 cm dengan kedalaman 45 cm dari lahan kering hingga lahan berkerikil.

Desain Silvator menjadikan getaran pada alat menjadi hampir tidak terasa (0,08 m/s2) dan tingkat kebisingan berkurang dari 6-9 dB menjadi 84-86 dB, sehingga alat ini aman untuk digunakan secara terus-menerus oleh penggunanya. Silvator ini user friendly mudah dibawa, dipindah, dan dioperasikan hanya dengan hanya dengan 1 operator.

Alat  ini diharapkan mampu meringankan pembuatan lubang tanam bagi para pekerja, namun sayangnya alat ini memiliki tingkat kenyamanan (ergonomis) dan safety yang rendah sehingga membahayakan penggunanya jika digunakan secara terus-menerus. (IPB/Inan)

Check Also

Mobil Listrik UNY

Mobil Listrik UNY Jadi Kegemaran Dosen Jepang

Edupost.id- Dosen dari ASO College of Automotive Engineering and Technology Jepang, Junichi Sakurai tertarik dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *