Minggu , 22 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / SIMAK UI 2016 Diikuti 37 Ribu Peserta
UI- Masuk-Peringkat-Kampus-Terbaik-di-Asia
Universitas Indonesia (UI)

SIMAK UI 2016 Diikuti 37 Ribu Peserta

Edupost.id – Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) diikuti 37.456 peserta yang terdiri atas peserta ujian program pendidikan D3 hingga S3. SIMAK UI dilaksanakan secara serentak di 22 kota di Indonesia pukul 7.00-14.30 WIB, (5/6). Sebanyak 2.537 bangku disipakan untuk program pendidikan Vokasi, Sarjana Reguler, dan Paralel.

“Sejak tiga tahun lalu, UI telah membebaskan uang pangkal bagi  mahasiswa yang diterima program S1 Reguler melalui SIMAK UI. UP program S1 Reguler tidak lagi dibebankan kepada orangtua. Bagi  mahasiswa UI Program S1 Reguler tahun akademik 2016/2017 yang lulus melalui SNMPTN, SBMPTN ataupun SIMAK UI, hanya dikenakan atau Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B),” ungkap Kepala Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti.

Program studi, lanjutnya, yang dibuka pada program pendidikan Vokasi adalah 13 program studi. Pada program pendidikan Sarjana Reguler sebanyak 62 program studi dan pada program Sarjana Paralel membuka 31 program studi bagi calon mahasiswa baru melalui SIMAK UI 2016. pelaksanaan ujian SIMAK UI 2016 dilaksanakan di sekolah Serang, Cilegon, Cirebon, Yogyakarta, Surabaya, Padang, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar, Balikpapan, Mataram, Denpasar, Palangkaraya, Gowa, Bandung, Bogor, DKI Jakarta (Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat), Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi dan Depok.

“Ada yang baru dalam pelaksanaan SIMAK UI kali ini. Ujian tertulis bagi peserta jenjang Vokasi dan Sarjana (Reguler,Paralel dan Internasional) tidak lagi mengujikan materi IPA Terpadu dan IPS Terpadu,” tambahnya.

Sehingga, jelas Rifelly, materi ujian pada SIMAK UI 2016 adalah sebagai berikut: Kelompok IPA: Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris (Kemampuan Dasar) dan  Matematika IPA, Fisika, Kimia dan Biologi (kemampuan IPA). Kelompok IPS: Kemampuan Dasar dan Ekonomi, Sejarah, Geografi, Sosiologi (Kemampuan IPS). Kelompok IPC: kemampuan IPA, kemampuan IPS dan kemampuan Dasar. Sedangkan materi soal program pascasarjana dan profesi adalah Pengukuran Kemampuan Akademik (biasa dikenal sebagai TPA) dan Bahasa Inggris.

Pada program S1 Reguler, program studi yang paling diminati adalah Pendidikan Kedokteran 3.912 peserta. Pada Program S1 Paralel, pendaftar terbanyak adalah program studi Hukum 3.128 peserta, sedangkan, pada program pendidikan Vokasi, Komunikasi 1.874 peserta menjadi program studi yang paling diminati. Lebih lanjut, pada program Magister (S2), program studi yang paling diminati adalah Magister Manajemen.

SIMAK UI pada program S1 Reguler ditetapkan sebesar 20 persen dari total mahasiswa baru yang diterima UI dan sisanya diterima melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebesar 40 persen serta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebesar 40 persen. (Nisa)

Check Also

Universitas Indonesia (UI)

Aplikasi HaloAcara, Inovasi Tim Mahasiswa Fasilkom UI

Edupost.id – Sejumlah mahasiswa tim Fasilkom UI menciptakan sebuah laman aplikasi dengan nama HaloAcara. Inovasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *