Kamis , 20 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Simali, Inovasi Mahasiswa UB Bantu Perikanan Indonesia
Simali, Inovasi Mahasiswa UB Bantu Perikanan Indonesia
Simali, Inovasi Mahasiswa UB Bantu Perikanan Indonesia (UB dok.)

Simali, Inovasi Mahasiswa UB Bantu Perikanan Indonesia

Edupost.id – Kualitas air merupakan salah satu faktor penting dalam kegiatan budidaya perikanan karena kehidupan ekosistem perairan mutlak tergantung pada kondisi perairan. Atas latarbelakang itu, tiga mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) membuat sistem monitoring air kolam ikan nila yang diberi nama Simali.

Tim UB terdiri dari Muhammad Zainur Rodhi (Teknik Komputer/2013, FILKOM), Ahmad Fathan Halim (Teknik Elektro/2015, FT) dan Diyah Ayu Lestari (Budidaya Perikanan/2014, FPIK). Zainur Rodhi menyebutkan bahwa SIMALI merupakan perpaduan teknologi yang memadukan hardware dan software.

Perangkat hardware terdiri atas alat pendeteksi kondisi air, mikrokontroller dan beberapa aktuator. Sementara software yang digunakan dalam SIMALI dibuat dalam bentuk aplikasi web yang dapat diakses dari perangkat Personal Computer Dekstop maupun Mobile Smartphone. Cara kerja SIMALI, hardware pendeteksi kondisi air yang memiliki tiga macam sensor dimasukkan pada air kolam ikan nila.

Selain itu SIMALI juga memiliki beberapa fitur pendukung lainnya. Pertama fitur controlling yang mampu bekerja secara otomatis untuk menjaga agar air kolam tetap berada pada kondisi ideal bagi tumbuh kembang ikan nila. Kedua merupakan fitur automatic feeder yang berfungsi untuk memberikan pakan secara otomatis pada kolam budidaya berdasarkan jadwal dan porsi yang telah ditentukan.

Jadi beradasarkan penelitian terdahulu (Tyas, 2016) kita ketahui bahwa ikan nila adalah jenis ikan yang hidup di perairan tawar. Ikan nila mempunyai kemampuan tumbuh secara normal pada kisaran suhu 14-38 derajat selsius. Pada suhu 6 derajat selsius atau 42 derajat selsius ikan nila akan mati,” ungkap Zainur.

 

Inovasi SIMALI ini berhasil meraih medali emas (juara 1) dalam kompetisi nasional Electro Activities Programme (E-TIME) 2017 kategori Internet of Things. (UB/IK-SS)

 

Check Also

Tim Mahasiswa UB Juara Umum Kanji Cup ke-15

Tim Mahasiswa UB Juara Umum Kanji Cup ke-15

Edupost.id – Tim Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya (FIB UB) berhasil keluar sebagai juara umum dalam ajang Kanji …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *