Rabu , 24 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Sopasta, Bakso dari Ampas Tahu Karya Mahasiswa IPB
sopasta-bakso-ampas-tahu-ipb
Retno Khoirunnisa, Annissa Permata dan Maulida Aulia Rezki

Sopasta, Bakso dari Ampas Tahu Karya Mahasiswa IPB

Edupost.id, Bogor – Sopasta, bakso lezat berkualitas dan bernilai gizi tinggi yang terbuat dari ampas tahu. Melalui sentuhan tangan mahasiswa Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor (IPB), ampas tahu yang dianggap dan dibuang sembarangan, kini memiliki nilai tambah dan ekonomis.

Mereka adalah Retno Khoirunnisa, Annissa Permata dan Maulida Aulia Rezki yang berhasil membuat produk Sopasta, bakso dari ampas tahu. “Sopasta merupakan inovasi produk makanan rendah lemak, tetapi kaya protein yang baik bagi tubuh,” kata Maulida.

Maulida mengungkapkan Sopasta dihadirkan dengan berbagai keunggulan yaitu dua varian kemasan (mini dan maxi) dengan tiga varian rasa (vegetarian, spicy attacks, dan cheese lover). Untuk memasarkan produk ini, Maulida dan tim membidik tiga pangsa pasar utama yakni ibu rumah tangga yang memiliki anak kecil, pelajar, dan pecinta bakso.

“Ke depannya kami berencana mengalokasikan sebagian keuntungan yang diperoleh untuk berbagai kegiatan sosial dalam rangka mengangkat nilai-nilai syariah yang diimplementasikan pada bisnis Sopasta yakni social oriented dan maslahah oriented, tanpa menghilangkan profit oriented,” tegas Maulida.

Kreasi ketiga mahasiswa tersebut dituangkan dalam proposal Business Plan pada acara Pekan Ekonomi Nasional (PENA) Jilid II 2016 yang diselenggarakan Universitas Sriwijaya di Palembang. Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan menciptakan wirausawan muda.

Pada presentasi Business Plan ini, Maulida bersama tim memberikan penjelasan secara rinci mengenai proposal bisnis yang berjudul ‘Sopasta, Inovasi Bakso Ampas Tahu dalam Menunjang Bisnis Berbasis Syariah’. Pada lomba ini Maulida dan tim berhasil meraih Juara Harapan I. (RZ/IK-SS)

Check Also

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Lima Prodi Favorit di IPB Tahun Ini

Edupost.id – Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah diumumkan. Dari hasil tersebut diketahui, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *