Selasa , 24 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Soprema 2016, Yousure UGM Ajak Pemuda Jadi Sociopreneur
SOPREMA 2016 Ajak Pemuda Jadi Sociopreneur
Komunitas Osiris Mengolah Buah Naga Menjadi Es Krim. (Foto: Osiris)

Soprema 2016, Yousure UGM Ajak Pemuda Jadi Sociopreneur

Edupost.id, Yogyakarta – Kompetisi Sociopreneur Muda (SOPREMA) 2016 merupakan Kompetisi dan Expo Sociopreneur Muda Indonesia yang diadakan Yousure Fisipol UGM. Pihak panitia memperpanjang pendaftaran hingga 30 Juni 2016.  Melalui acara tersebut, panitia mengajak pemuda untuk menjadi Sociopreneur.  Puncak acara diselenggarakan pada 5-7 September mendatang.

Sebanyak 300 tim maupun perseorangan telah mendaftarkan diri dalam kompetisi tersebut. Kompetisi dengan total hadiah sebesar 300 juta rupiah tersebut terdiri dari enam kategori lomba. Sejauh ini, kategori industri kreatif diminati pendaftar usia 16-30 tahun. Selain itu, para pendaftar tersebut berasal dari Jawa Tengah, Sumatera, Kalimantan, dan Nusa Tenggara.

Salah satu pendaftar, Tim Eragon dari Yogyakarta antusias menyambut  Soprema 2016. “Kami sudah mengunggah proposal lengkap ke SOPREMA, semoga kami sukses,” ujar Irvandias Sanjaya Tim Eragon dari Yogyakarta dalam siaran pers.

Pendapat serupa juga disampaikan Tim Patriot dari Jawa Barat, Meidiane Nurul Fuadah. Timnya mengusung ide pemberdayaan perempuan melalui pengelolaan limbah konveksi. Mereka meyakini cara terbaik bagi pemuda untuk membangun Indonesia adalah dengan menjadi sociopreneur.

Direktur Pelaksana SOPREMA, Hempri Suyatna berharap minat yang tinggi dari para pemuda tersebut juga diimbangi dengan luasnya sebaran geografis dari para pendaftar, khususnya pendaftar dari wilayah lain yang saat ini belum sempat mendaftarkan diri, atau mengirimkan proposal bisnis. Peserta yang lolos babak kualifikasi juga akan diajak untuk mengunjungi beberapa pegiat sociopreneur di DIY, yaitu Osiris dan Bank Sampah Gemah Ripah.

“Kami sangat bersemangat untuk mendapatkan proposal bisnis sociopreneur dari pemuda yang menawarkan ide segar,” ujar Hempri.

Pendaftaran dan unggah proposal Kompetisi SOPREMA Indonesia 2016 akan berakhir pada 30 Juni 2016. Sembilan puluh (90) proposal terbaik akan diumumkan pada 20 Juli 2016. Pendaftaran dapat dilakukan di situs resmi soprema.fisipol.ugm.ac.id. (Nisa)

Check Also

Pendaftaran Soprema 2016 Diperpanjang

Edupost.id – SOPREMA (Sosiopreneur Muda) 2016 memasuki masa-masa akhir pendaftaran. Setelah batas pendaftaran diperpanjang hingga …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *