Minggu , 22 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Student Formula Japan, Tim UNY Catat Waktu Terbaik Skid Pad

Student Formula Japan, Tim UNY Catat Waktu Terbaik Skid Pad

Edupost.id – Pada ajang Student Formula Japan 2017, racer Garuda UNY Team, Rizzal Hardiyanto berhasil tampil prima dengan catatan waktu terbaik dalam kategori skid pad untuk tim dari Indonesia. Skid pad merupakan salah satu kategori uji kendarasn dalam dynamic event. Selain Skid pad, kendaraan juga diuji kemampuannya dalam kategori autocross, acceleration, dan endurance.

Rizzal menyelesaikan tantangan skid pad dalam waktu 5,320 detik, memperbaiki percobaan sebelumnya yang meraih angka 5,350. Catatan ini adalah rekor tercepat yang diraih oleh Tim Indonesia sepanjang sejarah 2017 Student Formula Japan.

“Uji skid pad digunakan untuk mengetahui kemampuan drivability kendaraan. Pada uji ini pula kemampuan handling dan pengereman kendaraan menjadi poin utama. Lintasan skid pad berbentuk angka 8 sehingga kendaraan harus berbelok ke kanan dua kali dan ke kiri dua kali. Semakin cepat mobil melintasi lintasan, maka semakin baik performa kendaraan.” jelas Teguh Arifin, ketua tim Garuda UNY dalam keterangan tertulisnya.

Rizzal Hardiyanto menuturkan bahwa dirinya sebenarnya tidak menyangka mendapat nilai tersebut. Saat latihan dirinya sebenarnya difokuskan untuk acceleration dan autocross. Namun di Hari-H ia kemudian diamanahkan di skid pad. Untungnya, keberuntungan masih berpihak kepadanya.

“Saya cukup senang, always be grateful, alhamdulillah. Terima kasih atas doa dan dukungan dari teman-teman semua. Semoga kedepan bisa lebih baik agar bisa mencatat rekor tercepat tidak hanya tingkat Indonesia tapi juga dunia,” katanya.

Butuh perjuangan panjang bagi Garuda UNY untuk bisa mengikuti Dynamic Event. Tim ini harus melewati beberapa tahapan, yakni Technical Inspection, Driver Escape, Flag Test, Weight, Tilt Test, Noise Test, dan Brake Test. (Andi)

Check Also

Cegah Penyakit Kulit dengan Karpet Pintar Inovasi UNY

Cegah Penyakit Kulit dengan Karpet Pintar Inovasi UNY

Edupost.id – Terkena penyakit kulit tentu sangat mengganggu. Penyakit ini bisa disebabkan karena lingkungan yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *