Senin , 5 Desember 2016
Home / Kabar Kampus / Sumpah Pemuda, Universitas Trilogi Serukan Nilai Pancasila
Sumpah Pemuda, Universitas Trilogi Serukan Nilai Pancasila
Sumpah Pemuda, Universitas Trilogi Serukan Nilai Pancasila

Sumpah Pemuda, Universitas Trilogi Serukan Nilai Pancasila

Edupost.id- Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) 2016, Universitas Trilogi tidak hanya melakukan upacara bendera saja. Tetapi ada beberapa acara yang dilaksanakan bertepatan pada peringatan ikrar pemuda yang dicetuskan pada 88 tahun silam. Salah satunya adalah diskusi kepemudaan bagi gerakan mahasiswa Indonesia.

Dengan mengangkat tema ‘Reaktualisasi Semangat Sumpah Pemuda & Nilai – nilai Pancasila dalam Gerakan Mahasiswa Indonesia,’ Ketua Pusat Studi Ekonomi Pancasila (PSEP) Universitas Trilogi, Dr. Setia P. Lenggono menuturkan bahwa diskusi ini bertujuan untuk menggelorakan kembali semangat pemuda bangsa sekaligus nilai – nilai Pancasila.

“Kita harapakan para pemuda hari ini, terutama para mahasiswa yang hadir disini bisa menikmati diskusi untuk kemudian mengaktualisaskan semangat kepemudaannya dan nilai – nilai Pancasila yang sejatinya telah dipegang teguh oleh para pemuda terdahulu, salah satunya dengan mengukir sejarah Sumpah Pemuda,” sampainya saat memberikan sambutan.

Rektor Universitas Trilogi, Prof. Dr. Asep Saefuddin berharap para peserta bisa meresapi kembali untaian kata sekaligus substansi yang termaktub dalam Sumpah Pemuda. “Barusan kita telah membaca bersama Sumpah Pemuda. Kalau kita resapi terdapat daya yang luar biasa sekali. Daya yang luar biasa ini harus tetap berada dalam jiwa dan raga pemuda hari ini,” kata guru besar dan ahli statistika Indonesia ini sesaat sebelum membuka acara.

Selain itu, Prof. Dr. Asep Saefuddin juga menghimbau agar generasi muda hari ini jangan pernah melupakan sejarah. ‘Belajarlah dari sejarah agar daya juang semakin tinggi,sekaligus dengan tetap menjadikan Pancasila sebagai dasar dalam gerakannya. Karena nilai-nilai Pancasila adalah sebuah sumber kekuatan sekaligus kekayaan bangsa yang harus dipegang teguh oleh para pemuda,’ harapnya.

Acara yang belangsung di aula lt.4 Universitas Trilogi ini mayoritas diikuti oleh organisasi kemahasiswaan dari beberapa kampus di Jakarta. Adapun yang didaulat sebagai pemateri adalah Bung Sukarya Putra (Pengurus DPP KNPI) dan Bung M. Ikhsan Firdaus (Anggota Komis IV DPR RI).

Untuk diketahui, selain diskusi yang sebenarnya merupakan bagian dari agenda bulanan PSEP Universitas Trilogi ini. Setelah melaksanakan upacara, Universitas Trilogi juga melakukan aksi Pemuda Peduli Lingkungan. Salah satu aksinya adalah dengan membuat lubang resapan di sekitar kampus yagn dilakukan bersama dosen, mahasiswa, siswa dan guru. (Trilogi)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *