Selasa , 17 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Susu Tidak Cepat Basi Berkat Senopati, Temuan Mahasiswa UB

Susu Tidak Cepat Basi Berkat Senopati, Temuan Mahasiswa UB

MALANG – Tim mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) berhasil membuat terobosan di bidang pengolahan produk peternakan. Mereka menciptakan Smart Automatic Pasteurization Technology, sebuah alat yang digunakan dalam proses pemanasan susu.

Rendahnya kualitas susu pasteurisasi di Desa Argosari membuat para mahasiswa ITB mengembangkan inovasi mesin pasteurisasi susu, yang dinamakan Senopati.

Tim mahasiswa tersebut terdiri dari Putu Ariska, M. Bagus Ardiwiyatna, Ahmad Munawir, Mas Wisnu A., dan Agung Heru.

Menurut tim mahasiswa tersebut, Desa Argosari memiliki potensi susu yang melimpah, namun daya simpan susu pasteurisasi hanya 2 – 4 hari karena menggunakan cara pemanasan konvensional.

Alat Senopati mampu membuat pasteurisasi susu dengan sistem teknologi electrical ohmic heating. Mesin temuan mahasiswa bimbingan Yusron Sugiarto, STP, MP, M.Sc ini juga secara otomatis dilengkapi dengan tangki input berpengaduk otomatis. Selain itu, alat ini juga disertai kondensor untuk mendinginkan susu dengan cepat sehingga bakteri tidak tumbuh kembali.

Dengan menggunakan Senopati, susu tidak mengalami gumpalan, tidak berubah rasa dan warna, serta tidak menyebabkan degradasi protein tinggi. Selain itu, dibandingkan dengan menggunakan kompor, pasteurisasi menggunakan Senopati juga lebih efisien.

Kini mesin pemanas susu tersebut telah disosialisasikan kepada kelompok peternak di Desa Argosari, Kabupaten Malang. Diharapkan Senopati dapat menghasilkan susu yang lebih berkualitas sehingga mampu bersaing menjadi produk susu unggulan di ASEAN Economic Community. (UB/IK-SS)

Check Also

Monica, Siswa MTs Yapi Sleman

Monica, Siswa MTs Yapi Sleman Jadi Pembicara di Forum WHO

Edupost.id – Seorang bocah perempuan bernama Monica beberapa hari ini mendadak viral di dunia maya. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *