Sabtu , 26 Mei 2018
Home / Kabar Kampus / Tahun Ini UIN Sunan Kalijaga Buka 5 Jalur Pendaftaran
UIN-Yogyakarta
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Tahun Ini UIN Sunan Kalijaga Buka 5 Jalur Pendaftaran

Edupost.id – Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta kembali membuka lima jalur pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini. Selain SNMPTN dan SBMPTN, kampus ini juga membuka jalur SPAN PTKIN dan UMPTKIN, serta seleksi mandiri.

Ketua Admisi UIN Suka, Ridwan mengungkapkan, SNMPTN dan SBMPTN dibuka untuk kelompok prodi umum, sedangkan SPAN PTKIN dan UMPTKIN khusus prodi keagamaan. Sementara jalur seleksi mandiri dibuka untuk seluruh prodi.

“UIN Sunan Kalijaga menerima 3524 mahasiswa di 8 fakultas terdiri dari 41 prodi. Untuk SNMPTN dan SBMPTN dibuka lima fakultas terdiri dari 17 prodi, dengan kuota 1.303 mahasiswa,” terangnya.

Dari 17 prodi, menurut Ridwan, terdiri dari 10 prodi kelompok saintek dan 7 prodi kelompok soshum. Kuota untuk jalur SNMPTN ditentukan sebesar 30% atau sejumlah 399 mahasiswa.
“Untuk SNMPTN 391 atau 30 persen dari total daya tampung prodi, untuk SBMPTN 40 persen, dan 30 persen mandiri,” kata Ridwan.

Jadwal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan dimulai dari pengisian di PDSS pada 13 Januari hingga 10 Februari. Sementara untuk pendaftaran akan berlangsung pada 21 Februari hingga 6 Maret dan pengumuman 17 April 2018.

Dua jalur lain yang dibuka adalah SPAN PTKIN dan UMPTKIN. Kedua jalur ini adalah jalur khusus penerimaan mahasiswa baru di PTKIN yang dikoordinir oleh Kementerian Agama. Kedua jalur ini baru akan ditentukan oleh Kemenag pada 29 Januari. (Andi)

Check Also

UIN-Yogyakarta

UIN Suka Terima 1.105 Mahasiswa Lewat SPAN-PTKIN

Edupost.id – Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga, Ridwan, menjelaskan, selain lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=