Kamis , 23 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Tahun ini UNS Terima 6.291 Mahasiswa Baru S1
Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)
Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

Tahun ini UNS Terima 6.291 Mahasiswa Baru S1

Edupost.id – Tahun ini, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menerima 6.291 mahasiswa baru untuk jenjang sarjana (S1). Jumlah mahasiswa tersebut akan tersebar pada 65 program studi yang dimiliki UNS. Menurut Rektor UNS Ravik Karsidi, kuota yang lebih banyak disebabkan adanya dua program studi baru yang dibuka pada tahun 2017.

“Jumlah ini berkorelasi dengan penambahan program studi yang lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya karena UNS membuka dua program studi baru, yaitu Statistika dan Pendidikan IPA,” terang Ravik, dilansir dari laman resmi UNS.

Ravik yang juga selaku Ketua Panitia Pusat SNMPTN-SBMPTN 2017 menyampaikan bahwa seleksi masuk jenjang S1 dilakukan melalui tiga jalur, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri (SM-UNS). Kuota SNMPTN sebesar 30%, SBMPTN sebesar 50% dan SM-UNS sebesar 20%.

Pada ujian SBMPTN tahun ini akan kembali dilaksanakan dengan metode Paper Based Test (PBT) dan Computer Based Test (CBT). Tahun ini, kuota SBMPTN CBT UNS naik menjadi 500 peserta dari keseluruhan target nasional yaitu 30.000 peserta. Jumlah ini lebih banyak dari tahun lalu yang hanya menerima sebanyak 60 peserta CBT sebagai uji coba.

“Kami bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Olahraga Kotamadya Surakarta untuk melaksanakan CBT SBMPTN 2017 dengan menggunakan fasilitas Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),” papar Ravik.

Terkait dengan teknis ujian, pihak panitia akan menyelenggarakan ujian PBT dan CBT secara serentak untuk meminimalisasi kecurangan selama proses ujian berlangsung. (Andi)

Check Also

Hasil-SBMPTN-2016-Diumumkan-Hari-Ini

Delapan Jurusan Favorit di SBMPTN Bagi Siswa SMK

Edupost.id- Menjelang seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri SNMPTN, banyak siswa SMK masih bingung memilih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *