Kamis , 13 Desember 2018
Home / Kabar Kampus / Tahun Ini, UNY Targetkan 25 Judul Riset tentang Pancasila
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Tahun Ini, UNY Targetkan 25 Judul Riset tentang Pancasila

Edupost.id – Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menargetkan akan menghasilkan 25 judul riset tentang Pancasila sepanjang tahun 2018. Riset ini direncanakan melalui model-model pembelajaran di sekolah. Selain itu juga melalui Prodi Pendidikan Pancasila MKU maupun dalam implementasi pancasila dalam keseharian di UNY.

Untuk penelitian model-model pembelajaran, direncanakan melalui sekolah mulai jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK sejumlah dua judul untuk masing-masing satuan pendidikan. Ditambah melalui Prodi Pendidikan Pancasila MKU maupun dalam implementasi pancasila dalam keseharian di UNY sejumlah 15 judul.

“Jadi semua total ada 25 judul riset tentang Pancasila yang dilaksanakan tahun 2018 di UNY, ” tegas
Rektor UNY, Sutrisna Wibawa saat membuka Lokakarya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila di UNY beberapa hari lalu.

Melalui lokakarya itu, Sutrisna berharap dapat mengembangkan implementasi pendidikan pancasila untuk meningkatkan riset pendidikan pancasila. Metodologi risetnya menggunakan riset dan pengembangan, bukan menggunakan metodologi survei atau metodologi hubungan atau metodologi korelasi. Menurut Sutrisna, riset ini merupakan pengembangan model dan menghasilkan model.

“Saya berharap kita dapat mengimplementasikan pancasila baik di UNY maupun di satuan pendidikan dari jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK, dan UNY dapat menghasilkan model-model pembelajaran yang bisa kita sumbangkan untuk sekolah-sekolah mitra UNY di lingkungan DIY, ” ujarnya. (Andi)

Check Also

Dirikan Kampus Murah, Darsono Dianugerahi Gelar Doktor

Dirikan Kampus Murah, Darsono Dianugerahi Gelar Doktor

Edupost.id – Ketua Yayasan Sasmita Jaya yang menaungi Universitas Pamulang, Darsono, mendapat anugerah gelar Doktor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=