Sabtu , 21 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Tak hanya Lezat, Donat Kreasi Undip Ampuh Cegah Kanker
donat
Ilustrasi. Donat (foto: mapledonuts)

Tak hanya Lezat, Donat Kreasi Undip Ampuh Cegah Kanker

Edupost.id – Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) berkreasi membuat Donat Mangrove jenis Jeruju yang mengandung larutan daun Acanthus ilicifolius. Tumbuhan ini mengandung senyawa flavonoid yang berkhasiat pencegah kanker dan anti bakteri.

Mereka adalah Inovasita Alifdini, Luri Nurlaila Syahid, Yochi Okta Andrawina, Muhammad Syaifudien Bahry, dan Bagus Upaya Saputra.

“Saya ingin berinovasi membuat sebuah donat yang tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga kaya akan manfaat,” tutur Lusi.

Inovasi Donat Jeruju berawal dari keikutsertaan Luri dan timnya, dalam program kreativitas mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM-K). Awalnya, mereka belum mengetahui cara efektif untuk memasarkan produknya. Setelah mengikuti coaching dari Tim Tujuh Belas Undip, pembimbing PKM-K, kini DoJu tidak sulit lagi untuk dipasarkan.

“Banyak hal yang semula belum pernah terpkirkan, dari sini saya mendapatkan banyak masukan sehingga pikiran semakin terbuka, dan bisnis saya semakin berkembang,” ungkap Luri.

DoJu (Donat Jeruju) terdiri dari dua jenis yakni donat basah dan donat kering (cookies). Untuk donat basah, dijual di kantin-kantin kampus, maupun di toko-toko terdekat, sedangkan donat kering (cookies) dijual hingga ke luar kota.Saat ini, DoJu telah memiliki sertifikat keamanan pangan PIRT.

“Saya ingin agar DoJu ini nantinya bisa lebih dikenal sebagai oleh-oleh khas Semarang, selain Lumpia dan Tahu Bakso,” ucapnya. (Undip/ IK-SS)

Check Also

Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

Mahasiswa UNS Ciptakan Aplikasi Bimbingan Belajar Cariles

Edupost.ID- Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, berhasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *